Kemenhub Terjun Ke Pelabuhan Cek Protokol COVID-19, Bagaimana Hasilnya?
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru saja terjun langsung ke pelabuhan untuk mengecek protokol yang diterapkan dalam menangani COVID-19. Bagaimana hasilnya?

WowKeren - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru saja terjun langsung ke lapangan untuk melakukan evaluasi pengendalian Angkutan Laut Lebaran tahun 2020 serta pengecekan penanganan pencegahan penyebaran COVID-19? Monitoring ini dilakukan di Pelabuhan Jangkar, Jawa Timur.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kemenhub, Ahmad membeberkan hasil pengecekannya ini. Menurutnya, protokol kesehatan yang diterapkan di Pelabuhan Jangkar telah baik dan sesuai dengan anjuran yang ada.


”Alhamdulillah hasil monitoring yang kami laksanakan sejauh ini sudah berjalan dengan baik,” ujar Ahmad seperti dilansir dari Detik, Kamis (28/5). “Yakni petugas tetap melakukan pengecekan rutin terhadap penumpang ferry, baik dari Pelabuhan Jangkar tujuan Pulau Raas maupun Sapudi Kalianget oleh petugas KKP dan Puskesmas Jangkar.”

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan tujuan dilakukannya monitoring dan evaluasi ini. Hal ini sebagai langkah untuk memastikan sejauh mana penerapan protokoler kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19 terutama pada layanan pengendalian transportasi laut berjalan.

”Setiap penumpang yang masuk ke Pelabuhan Jangkar dan menyeberang ke kepulauan Madura (Sapudi Raas) dilakukan pemeriksaan medis,” papar Ahmad. “Baik dari UPT Puskesmas maupun pihak KKP Probolinggo di Panarukan, baik cek tensi dan suhu.

”Serta diberikan surat keterangan sehat bagi setiap calon penumpang bagi yang sudah dinyatakan sehat dan berlaku 7 hari yang dikeluarkan oleh UPT Puskesmas dan dilegalkan oleh KKP Probolinggo di Panarukan,” sambungnya. “Khusus penumpang yang berasal dari Bali biasanya sudah memegang surat keterangan sehat dari Bali.”

Selain Pelabuhan Jangkar, Kemenhub juga telah melakukan pengecekan lapangan di Pelabuhan Kalianget Madura. Hal tersebut dilakukan juga dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan di pelabuhan tersebut.

Saya mengimbau kepada seluruh petugas untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan di setiap pelabuhan bersama-sama dengan stakeholder terkait,” kata Ahmad. “Hal ini merupakan ikhtiar kita dalam rangka membantu pencegahan penyebaran COVID-19. Tetap jaga kesehatan dan tetap semangat.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts