Takut Tertular COVID-19, Pasien Kemoterapi Tak Berani Datang ke RSU dr Soetomo Surabaya
Nasional

Salah satu pasien kemoterapi, Yudha, mengatakan jika dirinya mengonsumsi rempah-rempah di rumah untuk menguatkan tubuh sebab ia khawatir akan risiko tertular jika datang ke RS.

WowKeren - Pasien yang menjalani perawatan kemoterapi di RSU dr Soetomo tercatat mengalami penurunan. Adapun alasan para pasien tersebut enggan datang karena mereka takut tertular virus corona (COVID-19).

Direktur RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi mengaku heran dengan jumlah penurunan tersebut. Sebab biasanya, jumlah pasien sangat banyak hingga antre.

"Hari-hari ini saya tidak tahu kemana pasien-pasien saya," kata Joni di Surabaya, Jumat (29/5). "Karena dulu pasien kemoterapi itu antre banyak sekali, tidak pernah ada 1 hari absen untuk pasien kemoterapi."

Ia memperkirakan jika jumlah pasien yang seharusnya datang untuk menjalani kemoterapi mencapai ratusan orang. "Tapi saat ini tidak ada, pasien kemoterapi tidak berani datang ke RS. Padahal itu pasien terminal (pasien yang harus menjalani perawatan rutin)," imbuh Joni.


Ia pun mengaku prihatin dengan para pasien tersebut. Sebab pasti mereka menahan rasa sakit. "Saya tidak bisa bayangkan bagaimana penderitaan mereka. Pasiennya, ruangannya kosong karena takut dengan COVID-19 dan tidak datang ke RS," lanjutnya.

Meski demikian, ia berjanji akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sesuai arahan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Di lain sisi, ia juga tidak menampik jika jumlah pasien yang datang lebih banyak daripada bed yang dimiliki.

"Sesuai dengan apa yang disampaikan bu gubernur. Kami diinstruksikan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," ujar Joni. "Meski, RSU dr Soetomo Surabaya itu rumah sakit umum dan pasien yang datang itu lebih banyak daripada bed-nya sehingga antreannya panjang."

Salah satu pasien kemoterapi, mengatakan jika dirinya lebih memilih untuk mengonsumsi obat-obatan herbal seperti rempah-rempah untuk menguatkan daya tahan tubuh. Sebab, ia khawatir jika datang ke rumah sakit justru akan tertular virus.

"Hanya menahan sakit dan minum rempah-rempah serta obat. Rasanya badan sakit semua dan lemas," kata Yudha dilansir detikcom, Jumat (29/5). "Kalau dibawa ke rumah sakit, takut tertular atau malah sakitnya tambah berat."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait