Viral Video Sekumpulan Bocah Lihai Hisap Rokok, Begini Tanggapan KPAI
Nasional

Ketua Umum KPAI ikut buka suara menanggapi video viral sekumpulan bocah yang beramai-ramai merokok. KPAI bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mencari tahu lokasi tersebut.

WowKeren - Baru-baru ini warganet dibuat heboh dengan sebuah video yang memperlihatkan para bocah sedang berkumpul sambil menghisap rokok. Bocah-bocah tersebut tampak menghadiri sebuah acara.

Meski di sekelilingnya terlihat ada orang dewasa, namun para bocah tersebut tetap dibiarkan merokok. Gaya merokok bocah tersebut bahkan terlihat seperti orang dewasa, sangat lihai.


Video yang diunggah akun Twitter bernama @crocodeyle ini pun mencuri perhatian warganet. Banyak yang penasaran mengapa anak-anak tersebut dibiarkan merokok.

Sumber: Twitter

Seorang netizen dengan nama akun Twitter @1T0o0 mencoba memberikan penjelasannya. Setahunya, pemandangan seperti ini memang sudah biasa terjadi di daerah tersebut. Meski sampai saat ini masih belum diketahui dimana tepatnya video tersebut diambil.

"Fenomena ini terjadi pada anak2 di dataran tinggi," tulis netizen tersebut. "Karena orang tua mereka memang menyuruh untuk merokok sebagai penghangat badan mereka. Banyak video sejenis kok, bahkan 1 keluarga dari ayah, ibu, anak perempuan, cowok, bocah ngrokok bareng."

Netizen lainnya bahkan menyebut bahwa anak-anak yang sudah disunat bisa bebas untuk merokok. "Ini di daerah Jawa Tengah emang gitu kalau uda sunat bebas kan mo nyebat brapapun umur," cuit seorang netizen dengan nama akun Twitter @cccakkk.

Menanggapi video viral ini, pihak KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) ikut buka suara. Ketua KPAI, Susanto menyayangkan hal ini terjadi. Ia bekerjasama dengan tim siber Polri masih menyelidiki lokasi video tersebut diambil.

"Kami prihatin atas viralnya anak-anak yang diduga merokok," ujar Susanto dilansir dari HaiBunda, Jumat (29/5). "Apalagi, masih usia tumbuh kembang."

Menurut Susanto, seharusnya orang terdekat dapat mencegah anak-anak terpapar rokok. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak membuat video itu menjadi viral. "Kami mengimbau kepada masyarakat luas agar tidak memviralkan video tersebut," tandasnya.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts