Pria Ini Diyakini Kiai dan Disegani, Penampilan Mirip Gembel Tuai Pro Kontra
Nasional

Media sosial dihebohkan dengan beredarnya foto seorang pria yang disebut sebagai kiai namun penampilannya lebih mirip seperti gembel. Berita ini pun menuai pro kontra dari netizen.

WowKeren - Di Indonesia, gelar "Kiai" biasanya disematkan kepada tokoh agama atau tokoh masyarakat yang dihormati. Gelar kiai sendiri tak bisa sembarangan diberikan kepada seseorang. Penampilan seorang kiai pun biasanya identik dengan busana Islami seperti sarung, baju koko, peci, dan semacamnya.

Namun, baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan potret seorang pria yang tampak acak-acakan mirip seperti gembel. Anehnya, pria ini disebut-sebut adalah seorang kiai yang disegani oleh warga setempat. Dialah Kiai Haji Mustofa berasal dari Desa Buker, Jrengik, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.


Dalam unggahan yang beredar di media sosial, pria tersebut disalami dan dicium tangannya oleh para santri. Penampilannya begitu berbeda dengan kiai yang dikenal pada umumnya. Rambut pria ini acak-acakan, tidak memakai baju dan hanya mengenakan sarung.

Kiai Haji Mustofa memang dikenal berpenampilan nyentrik dan suka merokok. Jika dilihat oleh orang yang tak mengenalnya, mereka pasti akan mengira Kiai Mustofa sebagai orang tidak waras atau gembel. Namun, akan lain ceritanya jika ia berada di lingkungan orang-orang yang mengenalnya.

Pria Ini Diyakini Kiai dan Disegani, Penampilan Mirip Gembel Tuai Pro Kontra

Sebagian besar netizen menyebut Kiai Haji Mustofa sebagai Wali Majdub. Julukan itu merupakan sebuah tingkatan "wali" yang paling rendah, jika dilihat melalui caranya yang terkesan unik.

Dikutip dari Merdeka.com, Jumat (29/5), biasanya seorang Wali Majdub merupakan keturunan dari tokoh agama dan telah meninggalkan hasrat duniawi sehingga penampilan pun begitu sederhana. Seperti pepatah jangan menilai buku dari luarnya, Wali Majdub juga diyakini memiliki tingkat kesalehan serta pengetahuan agama yang mumpuni meski penampilannya tak meyakinkan.

"Dapat info dari teman di pesantren, beliau ini wali majdub," tulis akun @imy****. "Buat anak pesantren pasti tahu dan pasti akan mengedepankan adab daripada akalnya. Beliau memang terlihat seperti orang tidak waras tapi tingkatan kesalehan beliau jangan ditanya lagi, semoga membantu ndoro."

Penampilan tak biasa Kiai Haji Mustofa ini lantas membuat netizen teringat dengan Gus Jakfar, putra dari Kiai Saleh, pengasuh pesantren "Sabilul Muttaqin" di Pasuruan, Jawa Timur. Gus Jakfar juga memiliki penampilan yang nyentrik, namun dihormati oleh banyak orang. Tutur katanya beradab dan apa yang ia sampaikan kerap terjadi.

Pria Ini Diyakini Kiai dan Disegani, Penampilan Mirip Gembel Tuai Pro Kontra

Melihat potret Kiai Haji Mustofa, netizen pun memberikan komentarnya. Penampilan pria yang dijuluki kiai ini menuai pro dan kontra.

"Bukannya kebersihan adalah sebagian dr iman," komentar @nina****. "Maaf bukan bermaksud mencela." "Sudah sampai kitab kuning kayaknya nih orang," timpal lainnya. "Ulama ulama S3 Kairo dan Madinah ilmu tinggi ga kaya gini. Realistis lah," tulis @fawqaz****.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts