KAI Siap Operasikan Kereta Saat New Normal, Begini Cara Pesan Tiket
Nasional

KAI akan mulai mengoperasikan kereta kembali saat new normal diterapkan di tengah pandemi virus corona. Simak cara berikut ini untuk melakukan pemesanan tiket.

WowKeren - Pemerintah Indonesia telah bersiap menerapkan kebijakan new normal di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyatakan siap akan kembali mengoperasikan kereta begitu tatanan hidup normal baru resmi diterapkan.

Meski telah siap, namun VP Public Relations KAI Joni Martinus mengaku pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan kereta bisa mulai beroperasi. Pasalnya, saat ini masih banyak beberapa wilayah di Indonesia yang masih memberlakukan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Sementara untuk protokol kesehatan, KAI menyatakan telah selesai menyiapkannya. Nantinya, kereta api bisa beroperasi setelah diberi lampu hijau oleh Kemenko.

”Saat ini kan penerapan new normal itu, cuma kalau udah beres secara konsep, kita siap menyiapkan protokol new normal,” ungkap Joni seperti dilansir dari Detik, Rabu (3/6). “Tapi pemberlakukan belum masih nunggu arahan Kemenko. Lalu, melihat situasi yang berkembang di daerah juga masih ada yang PSBB.”

Salah satu protokol yang disiapkan oleh KAI adalah pemesanan tiket kereta hanya bisa dilakukan secara online saja. Masyarakat yang ingin memesan kereta dapat mengaksesnya melalui KAI Access dan aplikasi jual beli tiket online saja. Sedangkan loket hanya berlaku untuk beli tiket di hari itu juga.

”Kita mengupayakan nantinya supaya pemesanan dilakukan secara online,” jelas Joni. “Jadi kita nanti tentu mengedukasi, mengimbau penumpang sistem pemesanan dilakukan secara online melalui KAI Access, Traveloka, dan lain-lain. Sedangkan loket hanya berfungsi untuk pembelian langsung di hari itu.”

Berikut merupakan cara memesan tiket kereta api secara online:

1. Buat Akun

Untuk memesan tiket kereta api online, penumpang perlu download aplikasi KAI Access terlebih dahulu. Kemudian, buat akun sesuai dengan data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu, isi data akun seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, dan kata sandi.


2. Pilih Jenis Kereta

Tahap selanjutnya, pilih jenis kereta yang ingin dinaiki. Apakah kereta api jarak jauh (intercity train) atau kereta api local (local train). Perhatikan juga jadwal keberangkatan yang tersedia dari kereta tersebut.

3. Pilih Stasiun Awal Dan Tujuan

Pesan tiket kereta api online selanjutnya dilakukan dengan memilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Dengan pembelian online, pengguna bisa memesan tiket hingga maksimal empat orang.

4. Konfirmasi

Setelah memilih stasiun, konfirmasi pembelian tiket kereta api online. Pada tahap ini, pengguna juga bisa mengecek biaya perjalanan, jarak dan lamanya waktu tempuh.

5. Isi Data

Selanjutnya, isi data calon pemesan sesuai dengan data diri. Bila pemesan dan pemilik akun sama, pengguna tinggal klik kolom sama dengan pemesan.

6. Bayar

Tahap terakhir pesan tiket kereta api online dilakukan dengan membayar. Pembayaran bisa dilakukan dengan ATM, mobile banking, internet banking maupun melalui gerai. Setelah membayar, pengguna akan mendapatkan kode booking yang nantinya berfungsi untuk mencetak tiket saat berada di stasiun.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait