Kabar Duka, Budayawan Prie GS Meninggal Dunia Karena Serangan Jantung
YouTube/Prie GS
Nasional

Indonesia kembali kehilangan salah satu tokohnya. Pada Jumat (12/2) pagi, budayawan Prie GS meninggal dunia karena serangan jantung. Simak berita lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Indonesia kembali berduka. Salah satu budayawan Tanah Air yakni Prie GS telah meninggal dunia pada Jumat (12/2) pukul 6.30 WIB. Menurut keterangan asistennya, Tista Pratista, pria bernama asli Supriyanto GS tersebut wafat karena serangan jantung. "Benar, pukul 06.30 WIB," kata Tista seperti dilansir dari Kompas pada Jumat (12/2).

Kabar wafatnya Prie GS disampaikan oleh KH Ahmad Musthofa Bisri atau Gus Mus selaku Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin, Lateh, Rembang, Jawa Tengah. Dalam ucapan belasungkawanya, Gus Mus mengaku sangat terkejut dengan kepergian mendadak Prie GS.

"Inna lillahi wainna ilaihi raji'un. Saudaraku tercinta yang baik dan selalu ingin membahagiakan orang lain, Prie GS, hari ini dipanggil kehadirat-Nya. Kita betul-betul terkejut dan merasa sangat kehilangan. Semoga Allah merahmati dan membahagiakannya. Allahummaghfir lahu warhamhu wa'afihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu waj'alil jannata matswah...Al-Fatihah. Semoga keluarga diberi kekuatan lahir-batin. 'Azhzhamallahu ajrahum wa ahsana aza-ahum," tulis Gus Mus.


Selain Gus Mus, budayawan Sudjiwo Tedjo juga turut mengucapkan belasungkawa. "Sugeng tindak, Mas @Prie_GS ... pinanggihan malih mangke .. #utangRasa," tulis Sudjiwo Tedjo melalui akun Twitter-nya.

Sementara itu, Prie GS dikenal sebagai budayawan yang santun, hangat dan dekat dengan alim ulama. Menurut keterangan salah satu sahabatnya, Dr Aguk Irawan, Prie GS kerap mengaji dari satu kiai ke kiai lainnya. Bahkan setelah menjadi tokoh terkemuka, mendiang masih tekun belajar agama ke Gus Mus dan KH Yusuf Khudori di Magelang, Jawa Tengah.

Sebelum menjadi budayawan terkenal seperti sekarang, Prie GS mengawali kariernya sebagai wartawan di harian umum Suara Merdeka, Semarang, Jawa Tengah. Ia kemudian dikenal sebagai sastrawan, budayawan serta pemerhati sosial yang kerap mengeluarkan karya unik dan sarkas.

Belakangan, almarhum kerap mengunggah video di YouTube untuk membahas sejumlah isu menarik. Ia juga berpartisipasi dalam acara Humor Sufi di kanal YouTube COKLAT TV bersama Candra Malik. Dalam acara tersebut, Prie GS mengundang sejumlah tokoh nasional untuk mengkaji sejumlah topik dengan bahasa yang ringan namun berbobot.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru