Bukan Capres, PDIP Ternyata Rancang Ganjar Pranowo Jadi Menteri 2024?
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional

Politikus PDIP Effendi Simbolon menilai partainya paling mungkin mencalonkan Puan Maharani sebagai Capres RI 2024. Begini penuturan Effendi selengkapnya.

WowKeren - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang telah membantah simpang-siur kabar bahwa dirinya hendak mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2024. Isu ini sendiri muncul setelah ramai pemberitaan Ganjar diduga berkonflik dengan PDI Perjuangan terkait keinginannya menjadi Capres 2024.

Sebab tampaknya PDIP sudah memiliki calon tersendiri untuk dijagokan di Pemilihan Presiden 2024. Politikus PDIP Effendi Simbolon menyebut Ketua DPR RI Puan Maharani adalah nama yang paling mungkin dicalonkan PDIP di Pilpres 2024.

"Kalau realitanya di partai, saya melihat kemungkinan terbesar itu Mbak Puan," kata Effendi dalam rilis survei Parameter Politik Indonesia, Sabtu (5/6). "Kalau mas yang dari Jawa Tengah, saya kira paling ya sampai tingkat jadi menteri lah, begitu ya."

Meski tak menyebutkan nama, "mas dari Jawa Tengah" yang disebutkan Effendi kemungkinan besar adalah Ganjar. Meski demikian, Effendi tak memberikan keterangan lebih jauh soal siapa sebenarnya sosok yang disebutnya atau posisi menteri apa yang kira-kira akan diemban.

Malah Effendi kemudian membahas soal nilai elektabilitas Puan yang dalam survei tersebut berada di angka 1,7 persen. Survei oleh Parameter Politik Indonesia ini sendiri digelar pada 23-28 Mei 2021.


Perihal elektabilitas, Effendi yakin bisa meningkat dalam waktu beberapa bulan ke depan. "Saya yakin dalam 2-3 bulan, nanti ketemu lagi, itu mungkin tadinya nol koma sekian menjadi dua digit itu," tegas Effendi.

Bukan tanpa alasan Effendi meyakini hal tersebut. Sebab ia bercermin pada meroketnya elektabilitas dan popularitas Presiden Joko Widodo sebelum berlaga memperebutkan RI 1 pada 2014 lalu.

Effendi pun mengungkap siapa sosok paling ideal untuk mendampingi Puan maju sebagai Capres 2024. Yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diyakini Effendi juga akan meningkatkan elektabilitas Puan.

"Saya selalu ngotot mengusulkan Mbak Puan itu kombinasi dengan Mas Anies, ini luar biasa," ujar Effendi. "Mas Anies seorang yang intelektual, akademisi, tenang, kemudian didukung mayoritas dari kelompok religius."

Effendi pun menyarankan agar Puan terus menjalani jabatannya dengan baik sebagai Ketua DPR RI agar makin populer dan pastinya berpengaruh terhadap elektabilitasnya. "Masa tak kenal maka tak sayang sih? Enggak mungkin lah orang semuanya membuat prediksi atau persepsi yang negatif ke Mbak Puan," pungkasnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru