Anies Baswedan 'Sentil' Pengurus Masjid Gelar Salat Id Berjamaah: Sadarilah RS Sudah Penuh
Facebook/DKIJakarta
Nasional

Di sisi lain, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengungkapkan ada 36 masjid di wilayah DKI Jakarta yang masih menggelar salat Idul Adha pada Selasa (20/7) kemarin.

WowKeren - Sejumlah masjid di wilayah DKI Jakarta masih menggelar salat Idul Adha berjamaah di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada Selasa (20/7) kemarin. Gubernur DKI Anies Baswedan lantas meminta pengurus masjid di Ibu Kota untuk menyadari risiko penularan virus corona (COVID-19) di situasi seperti sekarang.

"Saya berharap kepada semua sadari risiko penularan," tutur Anies di Jakarta, Selasa. "Kita sama-sama mementingkan syariat terlaksana dengan baik, tapi keselamatan juga tetap terjaga."

Menurut Anies, tingkat keterisian rumah sakit di Jakarta saat ini hampir penuh. Pasalnya, jumlah kasus COVID- 19 juga mengalami peningkatan.

"Kepada pengurus masjid, sadarilah rumah sakit sudah penuh," tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut. "Jadi ini bukan dilarang saja, tempatnya kalau sakit sulit."


Lebih lanjut, Anies juga mengingatkan bahwa Pemprov DKI telah merilis Seruan Gubernur Nomor 11 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha saat PPKM Darurat. "Jadi saya mengingatkan, bukan saja potensi penularan, tapi kalau terpapar sakit risikonya tinggi sekali," jelas Anies.

Kepada warga Jakarta yang telah mematuhi Seruan Gubernur tersebut dan melaksanakan salat Idul Adha di rumah hingga menyembelih hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH), Anies menyampaikan terima kasih. "Alhamdulillah warga Jakarta hari ini (20/7) umumnya menaati anjuran untuk menyelenggarakan salat Idul Adha di rumah. Kemudian kegiatan pemotongan dilakukan di RPH. Kalau dilakukan kepanitiaan, maka dikerjakan oleh panitia saja," pungkas Anies.

Di sisi lain, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengungkapkan ada 36 masjid di Ibu Kota yang masih menggelar salat Idul Adha. Menurut Ketua DMI DKI, Makmun Al Ayyubi, wilayah Jakarta Utara memiliki paling banyak masjid yang menggelar salat Idul Adha.

Menurut Makmun, laporan ini akan dijadikan bahan evaluasi bersama. Makmun berharap pihak masjid mengikuti anjuran pemerintah di masa pandemi.

"Kami hanya anjuran, imbauan bersama-sama MUI dan NU dan semua lembaga kelembagaan dan ormas islam. Biarpun kenyataannya di lapangan masih banyak viral yang menyelenggarakan. ini menjadi evaluasi kita ke depan," pungkasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru