Kabar Baik! Pelayanan COVID-19 Via Telemedicine Kini Bisa Diakses di Jabar sampai Bali
Pixnio
Nasional

Cakupan layanan telemedicine untuk pasien COVID-19, termasuk memberikan paket obat dan vitamin gratis, diperluas hingga beberapa wilayah di Jabar, Jateng, Jatim, DIY, dan Bali.

WowKeren - Pemerintah mulai menggeser basis pelayanan pasien COVID-19 dengan menggunakan layanan digital alias telemedicine juga. Namun sebelumnya layanan yang mencakup penyediaan obat gratis itu baru bisa dimanfaatkan warga DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kini layanan telemedicine sudah resmi diperluas oleh Kementerian Kesehatan. Melansir laman resminya, layanan ini sudah bisa diakses di beberapa kota/kabupaten lain di wilayah Jawa Barat sampai Bali.

Beberapa kota/kabupaten yang disebutkan dalam laman resmi Kemenkes antara lain Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta dan Kota Yogyakarta. Lalu ada lagi di Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Total ada 11 platform telemedicine yang bisa dipakai di layanan ini. Yakni Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.


Lantas layanan seperti apa yang disediakan? Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, drg. Widyawati, MKM mengungkap layanan dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium.

"Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen," terang Widyawati, dikutip pada Minggu (25/8). "Di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan."

Apabila kemudian hasilnya positif, maka laboratorium penyedia tes melaporkan ke database Kemenkes. Pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes secara otomatis, atau bisa memeriksa NIK pasien yang bersangkutan di https://isoman.kemkes.go.id.

Bila telah menerima WhatsApp pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi kesehatan secara daring dengan dokter di salah satu platform telemedicine tersebut. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu masukkan kode voucher supaya bisa berkonsultasi dan mendapat paket obat secara gratis.

Pasien tentu harus menginformasikan diri sebagai pasien program Kemenkes sebelum berkonsultasi. Bila sudah konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi. Hanya pasien yang masuk kategori perlu isolasi mandiri lah yang akan mendapat obat serta vitamin secara gratis.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru