Kabar Baik! Pemerintah Siapkan Gerbong Kereta Gratis Untuk Motor Selama Masa Mudik Lebaran 2022
Nasional

Selain memberikan izin, pemerintah tampaknya juga mendukung kegiatan mudik Lebaran tahun 2022 ini. Hal ini terlihat dari fasilitas gratis yang disediakan untuk para pemudik.

WowKeren - Izin mudik Lebaran tahun 2022 ini disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat. Pemerintah pun diketahui turut mendukung berlangsungnya mudik Lebaran 2022.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan gerbong kereta untuk diisi motor secara gratis selama masa mudik Lebaran 2022.

Muhadjir mengklaim telah meminta kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyiapkan gerbong kereta gratis untuk mengangkut sepeda motor bagi pemudik.

"Oleh sebab itu, untuk pemudik yang menggunakan kereta api bisa bawa sepeda motornya, dan untuk sepeda motornya tidak dipungut biaya," ujar Muhadjir kepada CNNIndonesia.com, dilihat Jumat (8/4).


Muhadjir menuturkan fasilitas tersebut disediakan untuk mendorong masyarakat mudik dengan menggunakan fasilitas umum dengan tetap membawa kendaraan pribadinya, dalam hal ini motor. Ia mengatakan bahwa pemerintah ingin para pemudik tidak mengendarai motor saat mudik lantaran dinilai rawan kecelakaan.

Lebih lanjut, Muhadjir menambahkan bahwa mudik menggunakan transportasi umum bisa juga untuk mengurangi kepadatan di jalan raya. Sebagaimana diketahui, motor menjadi salah satu moda transportasi yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik.

Berdasarkan data Kemenhub di tahun 2019, terdapat sekitar 1.378.574 sepeda motor yang melintas untuk arus mudik dan balik. Dengan motor pribadi yang dimasukkan ke gerbong kereta, menurut Muhadjir, nantinya kendaraan tersebut bisa digunakan saat tiba di tempat tujuan.

Sementara itu, Menhub Budi mengaku telah meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyiapkan gerbong khusus guna mengangkut sepeda motor pemudik secara gratis pada momen libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H nantinya. Selain bagi pengguna kereta, pemerintah juga menyediakan layanan mengangkut motor gratis bagi pemudik yang menggunakan bus.

"Kemenhub juga akan mengadakan mudik gratis dengan motor, tapi orangnya bayar kalau naik kereta api," papar Budi dalam keterangan resminya, yang diterbitkan Kemenko PMK, Jumat (8/4). "Kalau yang dengan bus, disediakan dengan truk, untuk motornya juga gratis."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait