Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi Pada 28-29 April, Menhub Imbau Masyarakat Berangkat Lebih Cepat
AFP
Nasional

Sebelumnya, pihak kepolisian memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 pada 29-30 April. Namun kini, Menhub memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 28-29 April 2022.

WowKeren - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 terjadi pada 28-29 April mendatang. Untuk menghindari kemacetan, Budi mengimbau agar sebagian masyarakat bisa melakukan mudik lebih cepat.

"Oleh karenanya, saya mengimbau agar saudara-saudara yang akan mudik itu melakukannya dari tanggal 25-27 April 2022," ujar Budi saat melakukan ramp check di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (17/4).

Lebih lanjut, Budi menyebut bahwa pemerintah sudah menyiapkan sejumlah upaya untuk melancarkan perjalanan mudik Lebaran 2022. Salah satunya adalah dengan menerapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Meski demikian, menurut Budi, rekayasa lalin itu juga sangat mengkhawatirkan. Maka dari itu, ia mengimbau kepada para pemudik untuk melakukan perjalanan lebih awal dari prediksi puncak arus.

Budi menuturkan hal tersebut perlu dilakukan agar kepadatan di jalan bisa dikurangi dan perjalanan mudik menjadi lancar. "Sehingga terjadi suatu spreading dan mengurangi kepadatan yang ada di jalan," ungkap Budi.


Selain itu, Budi mengatakan bahwa dari 85 juta pemudik, 47 persen di antaranya diprediksi bakal menempuh perjalanan darat. Ia pun menyinggung mengenai penggunaan motor untuk mudik ke kampung halaman.

"Oleh karenanya, saya secara pribadi, dengan segala kerendahan hati, seyogyanya kalau mudik jangan pakai motor," papar Budi.

Di sisi lain, Kemenhub sendiri juga memiliki program mudik gratis. Mengingat dua tahun sebelumnya pemerintah melarang masyarakat untuk mudik, program ini tentu saja disambut dengan antusiasme tinggi oleh masyarakat.

Kemenhub bahkan sempat menutup laman pendaftaran mudik gratis lantaran tingginya anemo masyarakat yang ingin mendaftar hingga membuat servernya down. Selain itu, melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap mudik gratis, Kemenhub lantas menambah anggaran dana sebesar Rp10 miliar, di mana berasal dari APBN dan CSR.

Selain program mudik gratis, pemerintah diketahui juga menawarkan program gerbong kereta gratis untuk motor selama masa mudik Lebaran 2022. Dengan begitu, bagi pemudik yang hendak menggunakan kereta api, bisa membawa motornya.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait