Jokowi Bolehkan Anak di Bawah 18 Tahun Mudik Tanpa Tes COVID-19, Ini Tanggapan Bandara Soetta
Nasional

Hingga Selasa (19/4), penumpang berusia di bawah 18 tahun di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, masih diwajibkan untuk membawa hasil negatif tes COVID-19.

WowKeren - Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Presiden Joko widodo memperbolehkan anak-anak berusia di bawah 18 tahun untuk mudik tanpa menjalani tes antigen atau PCR. Namun mereka sudah harus menerima vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

Meski demikian, aturan ini belum berlaku di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Hingga Selasa (19/4), penumpang berusia di bawah 18 tahun di Bandara Soetta masih diwajibkan membawa hasil negatif tes COVID-19. Pihak Bandara Soetta masih mewajibkan tes COVID-19 karena belum ada aturan resmi terkait keputusan baru tersebut.

"Kalau aturan, kami kan mengacunya biasanya kepada surat edaran. Di surat edaran itu disebutkan kapan berlakunya. Sampai saat ini, kami belum terima ini surat edarannya," ungkap Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soetta, M Holik Muardi, Selasa.

Holik memaparkan bahwa setelah Jokowi memutuskan sebuah regulasi, kementerian terkait dan Satgas COVID-19 akan menindaklanjutinya dengan menerbitkan surat edaran. Sehingga meski keputusan Jokowi sudah diumumkan, kebijakan itu tak bisa langsung diterapkan jika peraturan resminya belum diterbitkan.


"Jadi, biasanya, nanti instruksi Presiden itu ditindaklanjuti oleh menteri terkait dan Satgas gitu untuk membuatkan regulasinya," paparnya. "Kemenhub kan regulator dari bandar udara. Nah baru kami menyiapkan atau mengimplementasikan itu."

Pihak Bandara Soetta pun masih menunggu Kementerian Perhubungan terkait regulasi tersebut. "Iya (menunggu regulasi resmi) karena kan itu yang dijadikan dasar kami," jelasnya.

Sebelumnya, Menkes Budi menegaskan bahwa meski anak di bawah 18 tahun tak perlu tes COVID-19 untuk mudik Lebaran, mereka harus tetap didampingi orangtua. Dengan demikian, diharapkan keluarga dapat mudik ke kampung halaman masing-masing dengan gembira di momen Lebaran tahun ini.

"Jadi, (anak-anak) bisa mendampingi orangtuanya untuk mudik, tanpa perlu tes COVID-19. Asalkan, sudah vaksinasi dua kali ya," ujar Menkes Budi. "Ini hadiah dari Bapak Presiden kepada anak-anak kita yang keluarganya mau menikmati mudik dengan lebih baik lagi. Selamat menikmati mudik."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait