Kapolri Tawarkan Masyarakat Pakai Jalur Alternatif Untuk Mudik: Jalan Tol Bebannya Berat
Nasional

Jalan tol tampaknya jadi jalur favorit bagi para pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Meski begitu, Kapolri meminta masyarakat untuk mempertimbangkan jalur alternatif lain.

WowKeren - Sebentar lagi masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik dengan berbagai jalur. Mulai dari jalur darat, udara, hingga laut. Jalan tol jadi salah satu jalur yang paling banyak diminati bagi para pemudik yang akan menggunakan jalur darat.

Kapolri pun mengantisipasi kemacetan dan beban berat jalan tol sebagai jalur mudik pilihan. Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap pemudik mempertimbangkan pulang kampung menggunakan jalur di luar jalan tol.

Hal itu lantaran animo masyarakat diprediksi bakal melonjak drastis karena sudah 2 tahun pemerintah menerapkan pembatasan mudik ketika Idul Fitri. Kementerian Perhubungan sebelumnya memprediksi, sedikitnya 85 juta orang akan mudik pada tahun ini.

"Pilihan jalur ini juga kita harapkan untuk bisa menjadi pilihan, karena rata-rata memilih jalan tol sehingga tentu kemudian di jalan tol bebannya menjadi berat," ujar Listyo Sigit Prabowo dalam acara vaksinasi serentak di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kamis (21/4).


Jenderal Listyo Sigit secara spesifik menjelaskan bahwa masih banyak jalur mudik darat yang bisa menjadi alternatif selain jalan tol. Mulai dari jalur selatan yang baru selesai dibangun, hingga jalur-jalur alternatif di pantura (pantai utara).

"Ada alternatif jalur selatan yang tentunya saat ini baru selesai dibangun, itu bisa dijadikan pilihan," kata dia. "Misalnya, mungkin menggunakan jalur-jalur alternatif yang ada baik di pantura (pantai utara) ataupun di jalur-jalur alternatif yang disiapkan di dalam kota," terang Listyo Sigit.

Selain itu, Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan imbauan kepada para pemudik untuk memaksimalkan transportasi umum menuju kampung halaman. Hal itu dilakukan dengan harapan bisa menekan kemacetan di jalur mudik. Mudik dengan kereta api dan bus kini tentu jadi pilihan yang tak kalah nyaman.

"Kemarin kita menengok KAI itu masih ada slot yang ditambahkan 20.000 per hari," ujar Listyo. "Jadi ini juga bisa menjadi salah satu pilihan sehingga kemudian masyarakat bisa nyaman pada saat mudik. Motornya juga bisa dibawa dengan kereta api, sehingga kemacetan bisa kita pecah," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait