Polisi Ungkap Belum Ada Peningkatan Arus Lalu Lintas di Jalan Tol H-6 Lebaran
Pexels/Ilustrasi
Nasional

Pihak kepolisian telah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di Jalan Tol Trans Jawa mulai hari Senin (25/4) lalu. Namun tidak semua kendaraan nantinya akan terjaring uji coba ganjil genap tersebut.

WowKeren - Lalu lintas jelang arus mudik Lebaran 2022 terus dipantau oleh pihak kepolisian. Hingga Selasa (26/4) atau H-6 Lebaran, polisi belum menemukan peningkatan arus lalu lintas di berbagai ruas tol.

"Belum ada (peningkatan), masih sedikit di atas rata-rata harian normal. Tapi tidak signifikan," ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo pada Selasa hari ini.

Sambodo bahkan mengungkapkan bahwa arus lalu lintas pada Senin (25/4) malam sempat mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya. Meski begitu, pihak kepolisian tetap akan melakukan sejumlah skema pengaturan lalu lintas jelang arus mudik.

"Bahkan kalau enggak salah tadi malam ada penurunan dibandingkan dengan sebelumnya. Hari Senin dibandingkan hari Minggu ada penurunan," paparnya.


Di sisi lain, pihak kepolisian telah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di Jalan Tol Trans Jawa mulai hari Senin lalu. Pada hari Senin, uji coba ganjil genap pada Senin dilakukan mulai Kilometer 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Kilometer 70 Gerbang Tol Cikampek Utama pada pukul 11.00-13.00.

Sebelumnya, polisi juga telah memastikan tidak akan menilang kendaraan pelanggar ganjil-genap selama periode arus mudik Lebaran. Kendaraan yang melanggar hanya akan diarahkan keluar dari jalan tol ke jalur arteri melalui gerbang terdekat.

"Tidak ada tilang bagi pelanggaran ganjil genap pada saat one way di tol. Ketika menemukan ada kendaraan yang tidak sesuai tanggal, maka akan dikeluarkan," tegas Sambodo.

Tidak semua kendaraan nantinya akan terjaring uji coba ganjil genap tersebut. Ada beberapa kendaraan seperti ambulans hingga kendaraan TNI-Polri yang masih diperbolehkan untuk meneruskan perjalanan hingga gerbang Tol Cikampek utama.

Selain itu, Sambodo juga sempat menjelaskan bahwa tahun ini tidak akan ada pos penyekatan untuk menghalau pemudik seperti tahun sebelumnya. Masyarakat dapat kembali menikmati mudik Lebaran tahun ini dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait