Gunung Raung Erupsi Dan Semburkan Abu Vulkanik, Penerbangan di Bandara Banyuwangi Tak Terpengaruh
Nasional

Dampak abu vulkanik Gunung Raung lantas dirasakan oleh warga Jember, khususnya yang ada di kawasan utara dan timur. Salah seorang pengendara motor yang melintasi kawasan tersebut mengaku sering kelilipan abu vulkanik.

WowKeren - Gunung Raung di Jawa Timur mengalami erupsi sejak Rabu (27/7) sore. Gunung yang terletak di perbatasan kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember itu juga mengeluarkan abu setinggi 1.500 meter dari puncak.

"Pada hari Rabu, 27 Juli 2022 pukul 17.19-17.28 WIB telah terjadi erupsi sebanyak 4 kali dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Timur, Sriyono, Kamis (28/7).

Dampak abu vulkanik Gunung Raung lantas dirasakan oleh warga Jember, khususnya yang ada di kawasan utara dan timur. Salah seorang pengendara motor yang melintasi kawasan tersebut mengaku sering kelilipan abu vulkanik.

"Saya tadi mengendarai motor dari Kecamatan Arjasa. Sepanjang perjalanan, mata saya sering kelilipan," ungkap warga Desa Gunung Malang bernama Gunawan tersebut kepada detikJatim.

Pandangan Gunawan terganggu oleh abu vulkanik di sepanjang jalan dari Kecamatan Arjasa hingga Kecamatan Kalisat. Namun ketika mendekati rumahnya di Kecamatan Sumberjambe yang notabene lokasinya lebih dekat dengan Gunung Raung, gangguan abu vulkanik justru berkurang.

"Padahal makin ke rumah saya, berarti makin dekat dengan Gunung Raung. Tapi abunya malah makin berkurang," tuturnya.


Di sisi lain, semburan abu vulkanik Gunung Raung masih belum berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi. Hingga Kamis pagi ini, aktivitas Bandara Banyuwangi berjalan normal.

"Aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi sampai saat ini masih berjalan normal dan tidak ada gangguan debu vulkanik," ungkap Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Banyuwangi, Indra Gunawan.

Saat petugas bandara melakukan pengecekan landasan pacu, ditemukan bahwa runway pesawat itu masih bersih dari abu vulkanik Gunung Raung. Jadwal penerbangan maskapai Citilink dan Batik Air dengan rute Banyuwangi-Jakarta PP pada hari ini masih tidak ada perubahan.

"Alhamdulillah runway atau landasan pacu bandara setelah dilakukan pengecekan tadi pagi bersih dari paparan abu vulkanik. Sehingga bisa digunakan untuk aktivitas penerbangan seperti biasa," tuturnya. "Saat ini ada dua jadwal penerbangan ya. Dan sampai saat ini tidak ada perubahan, tetap jadwal seperti yang telah ditentukan."

Sementara itu, erupsi Gunung Raung juga tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Juanda Surabaya hingga Rabu malam tadi. Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Juanda Yuristo Ardi Hanggoro memastikan tidak ada penerbangan dari Bandara Juanda yang terdampak.

"Tidak ada (penerbangan terdampak abu). Sampai pukul 20.00 WIB tadi tidak ada," ujar Yuristo pada Rabu malam.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait