6 Penyebab Konsumsi Kopi Menjadi Tidak Sehat
Health

Mengonsumsi kopi tanpa memperhatikan hal ini rupanya dapat membahayakan kesehatan.

WowKeren - Meminum kopi di pagi hari memang menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pecintanya. Pagi yang dingin akan menjadi lebih hangat dengan seduhan kopi yang asapnya masih mengepul. Aroma dari biji kopi yang menyeruak seketika dapat menjadi penenang bagi sebagian orang.

Meskipun nikmat, namun kalian juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk menikmati minuman satu ini. Pasalnya, jika cara mengonsumsinya salah kopi malah dapat menjadi racun bagi tubuh. Alangkah baiknya memperhatikan kondisi badan terlebih dahulu sebelum menyeduh minuman yang identik dengan warna hitam dan cokelat ini.

Sebagai pecinta kopi tentu kalian tidak ingin hobi ini terhenti karena kesehatan terganggu. Simak yuk beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi kopi berikut ini.

(wk/Kres)

1. Rokok dan Kopi Kombinasi Buruk


Rokok dan Kopi Kombinasi Buruk

Rokok dan kopi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak heran jika banyak pecinta kopi yang juga seorang perokok berat. Fakta membuktikan dua kombinasi ini merupakan racun paling ampuh untuk meningkatkan resiko penyakit jantung. Nikotin pada rokok memacu kerja jantung menjadi lebih cepat dan kafein pada kopi memiliki efek yang sama, sehingga kerja jantung akan meningkat dua kali lipat lebih cepat.

Efek ini juga sangat membahayakan bagi kinerja arteri yang memiliki implikasi untuk kesehatan manusia. Demi mengurangi resiko penyakit jantung, lebih baik waktu untuk meminum kopi dan merokok terpisah.

2. Hindari Konsumsi Kopi Instan


Hindari Konsumsi Kopi Instan

Daripada harus jauh-jauh mendatangi kafe dengan kualitas barista yang mumpuni dalam meracik kopi, orang lebih memilih untuk membuat kopi instan. Hal itu dinilai lebih praktis dan menghemat waktu, serta mereka masih bisa menikmati meskipun rasanya tidak senikmat racikan kopi murni. Namun jangan abaikan bahaya yang mengintai dari produk kopi instan pada tubuh kalian. Terlalu banyak mengonsumsi kopi instan dapat meningkatkan resiko terkena diabetes.

Kopi instan mengandung gula pasir, jadi bisa kalian bayangkan jika dalam sehari meminum kopi dua hingga tiga bungkus. Selain diabetes, kopi instan juga meningkatkan hipertensi karena adanya kandungan krimer nabati yang tidak dapat dicerna tubuh hingga sempurna. Krimer pada kopi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah karena susah dicerna dan menumpuk dalam darah.

3. Penderita Jantung, Osteoporosis, Asam Lambung Hindari Konsumsi Kopi


Penderita Jantung, Osteoporosis, Asam Lambung Hindari Konsumsi Kopi

Seperti dijelaskan pada poin pertama, perpaduan kopi dan rokok memang sangat buruk untuk kinerja jantung. Oleh karena itu penderitanya disarankan untuk menghentikan kebiasaan minum kopi. Sedangkan untuk kasus osteoporosis, telah dilakukan sebuah penelitian terhadap pasien patah tulang. Saat dia mengonsumsi kopi resiko patah tulangnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi.

Penderita asam lambung selalu disarankan untuk menghindari kopi, karena tingkat keasamannya yang tinggi. Namun tentunya kalian tidak bisa serta merta menghentikan kebiasaan ini. Untuk alternatifnya kopi dingin bisa untuk penderita asam lambung.

Asam yang ada dalam es kopi dibandingkan kopi panas lebih rendah. Sehingga membuat penderita asam lambung masih bisa menikmati kafein dari secangkir kopi. Rata-rata kopi dingin memiliki kadar pH 6,31, sedangkan kopi panas mengandung pH 5,48. Semakin rendah angkanya semakin tinggi sifat asam zat tersebut.

4. Tidak Baik Untuk Wanita Menstruasi


Tidak Baik Untuk Wanita Menstruasi

Menurut Dr. Joseph Mercola, wanita yang mengonsumsi kopi saat haid memiliki resiko terkena kanker payudara. Hal itu disebabkan karena kandungan kafein menyebabkan kadar esterogen terlalu tinggi pada tubuh. Hal ini sering ditandai dengan kondisi yang tidak nyaman dan perasaan emosi yang tidak stabil. kandungan esterogen yang tinggi itu juga dapat menyebabkan penebalan lapisan dinding rahim sehingga meningkatkan resiko kanker endometrium.

Kopi juga bisa menjadi penyebab siklus menstruasi menjadi pendek. Hal ini disebabkan karena kafein bisa menyebabkan gangguan pembuluh darah yang membuat aliran darah ke uterus menjadi tidak lancar. Selain itu kopi juga menyebabkan resiko sindrom fibrokistik payudara.

Seperti diketahui sebelumnya saat akan menstruasi dan pada saat menstruasi payudara lebih padat karena ada benjolan yang terbentuk berisi cairan. Namun saat menstruasi usai, benjolan itu akan hilang dengan sendirinya. Pada wanita menstruasi yang mengonsumsi kopi, benjolan itu akan lebih banyak dan membuat rasa nyeri menjadi lebih buruk.

5. Minum Kopi Saat Perut Kosong


Minum Kopi Saat Perut Kosong

Bahaya yang disebabkan dengan minum kopi saat kondisi perut kosong adalah dapat meningkatkan asam lambung. Asam lambung ini bersifat korosif dan dapat merusak lambung jika didiamkan, belum lagi jika ditambah kopi kerusakannya bisa menjadi parah. Meningkatnya asam lambung juga dapat menyebabkan mual bahkan pusing hingga vertigo.

Selain itu konsumsi kopi saat perut kosong sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi. Adanya kafein yang merangsang kerja ginjal sehingga sering buang air kecil akan menghambat penyerapan nutrisi lainnya.

Hal itu juga yang menyebabkan tubuh tak memiliki waktu untuk penyerapan mineral seperti seng, magnesium dan kalsium. Konsumsi kopi saat perut kosong dapat menambah sederet masalah pada kesehatan antara lain kerusakan gigi, osteoporosis, migrain, hipertensi dan penyakit jantung.

6. Konsumsi Berlebihan Menyebabkan Dehidrasi


Konsumsi Berlebihan Menyebabkan Dehidrasi

Kafein berperan dalam mempercepat pengeluaran cairan dalam tubuh melalui kinerja ginjal. Karena kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urin sehingga membuat penikmatnya sering buang air kecil. Oleh sebab itu penikmat kopi juga harus sadar pentingnya mengonsumsi banyak air putih.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kandungan air dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat tubuh lemas, sakit kepala bahkan pingsan. Oleh sebab itu konsumsi kopi harus diperhatikan dengan benar agar tidak berlebihan dan malah memperburuk kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel