Heboh Pemuda 'Kotori' Bendera Merah Putih, Begini Penjelasan Polisi
Nasional

Pekan lalu sebuah video yang menunjukkan aksi tidak etis oleh sekelompok pemuda terhadap bendera merah putih tersebar luas di media sosial. Namun belakangan terungkap ada kesalahpahaman di balik video tersebut.

WowKeren - Baru-baru ini dunia maya sempat dihebohkan dengan aksi tidak etis yang dilakukan beberapa pemuda. Diketahui pemuda tersebut mengencingi bendera merah putih. Aksinya itu pun direkam oleh teman-temannya dan beredar luas di media sosial.

Kejadian ini pun sukses membuat warganet "mendidih". Mereka kompak menolak permintaan maaf sang pemuda dan menuntut pihak berwajib untuk tetap memproses hukum tindakan tak beretika tersebut.


Menanggapi desakan tersebut, polisi pun mengamankan keempat pemuda yang terekam dalam video tersebut. Keempatnya adalah Bambang Oktri Swesta, M Fachrobby Subartha, Mayanda Sandi Septia Hadi, dan Dino Satria Wiratama.

Keempatnya diketahui ditahan pihak berwajib pada Sabtu (10/8) malam. Namun informasi terbaru menyebut keempat pemuda tersebut sudah dipulangkan. Rupanya keempat pemuda itu hanya dikenakan wajib lapor oleh kepolisian.

"Sudah dipulangkan, wajib lapor," jelas Kabid Humas Polda Riau, AKBP Sunarto, Senin (12/8). Lebih lanjut, menurut Sunarto, tak ada dari keempat pemuda itu yang terbukti mengencingi bendera.

"Setelah tiba di tempat parkir, Mayanda dan Dino Satria merasa ingin buang air kecil," jelas Sunarto, seperti dilansir dari laman Detik News. "Dan tanpa berpikir panjang mereka langsung buang air kecil."

"Mayanda buang air kecil di bawah bendera merah putih yang digantung (air seninya tidak mengenai bendera) di dekat pohon di depan parkir kendaraan roda empat dan bendera tersebut merupakan bendera yang dijual menjelang peringatan HUT RI ke 74," imbuhnya. "Sedangkan Dino Satria buang air di samping pohon tempat bendera tergantung (air seninya juga tidak mengenai bendera)."

Sebelumnya, hal senada juga sempat diungkapkan oleh Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Dasmin Ginting. Dari hasil interogasi, tutur Dasmin, terbukti bahwa keempat pemuda tersebut tidak mengencingi bendera.

"Hasil interogasi awal terhadap keempat pemuda, ternyata didapat video atau bukti baru, di waktu yang sama saat kejadian itu," katanya, Minggu (11/8). "Yang direkam oleh temannya juga, Fachrobby, namun dengan angle yang berbeda, yang menunjukkan hasil video yang juga berbeda."

You can share this post!

Related Posts
Loading...