Banyak Mahasiswa Tak Mudik Gegara Corona, Kisah 'Moms' UI Beri Bantuan Ini Jadi Sorotan
Nasional
Mudik di Tengah Corona

Kumpulan ibu-ibu wali mahasiswa UI mengadakan aksi kemanusiaan memberi bantuan logistik bagi para perantau yang tak bisa mudik gegara wabah Corona, seperti dikisahkan berikut ini.

WowKeren - Jabodetabek merupakan salah satu daerah berzona merah alias paling terdampak COVID-19 di Indonesia. Hal ini wajar mengingat bila lebih dari 50 persen kasus positif COVID-19 Indonesia berada di Ibu Kota dan sekitarnya.

Atas dasar itulah pemerintah lantas menerapkan larangan mudik, terkhusus bagi para perantau. Bahkan sejumlah kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah bekerja sama dengan kepala daerah lain demi melarang perantau kembali ke kampung halaman.

Kendati banyak perantau dari Jabodetabek yang tetap nekat kembali ke kampung halaman, nyatanya masih ada beberapa yang mematuhi peraturan tersebut. Termasuk diantaranya golongan mahasiswa dari Universitas Indonesia yang memilih mengisolasi diri di indekos sampai situasi lebih kondusif. Padahal aktivitas mereka sebagai mahasiswa diketahui sudah lama berakhir lantaran perkuliahan dilakukan secara daring di tengah wabah virus Corona.

Dan sudah menjadi "gandengan", perantau selalu identik dengan kurangnya logistik. Situasi itulah yang dihadapi oleh sekelompok mahasiswi yang masih bertahan di indekos berikut ini.

Warganet Twitter dengan akun @Rizqyfauzia awalnya meninggalkan komentarnya di postingan komitmen UI untuk membagikan logistik bagi mahasiswa yang masih di asrama dan indekos. Ia berharap bisa mendapat bantuan logistik itu juga.

"Yang masih tinggal di kutek, pocin, barel juga tolong dikasih asupan gizi dong pakkkk. Sudah menahan diri untuk ga mudik lho ini," tulisnya, lengkap dengan emoji menangis.


Tak disangka komentarnya ini ternyata dibaca oleh seorang wali sesama mahasiswa UI. Ibu mahasiswa itu pun langsung menghubungi penulis komentar, menanyakan lokasi kosnya.

Banyak Mahasiswa Tak Mudik Gegara Corona, Kisah \'Moms\' UI Beri Bantuan Ini Jadi Sorotan-1

Twitter

"Kalo boleh tau untuk keperluan apa ya bu?" tanya @Rizqyfauzia membalas wali murid itu. "Tidak apa2.. Hanya ingin kirim makanan. Tp mungkin ga banyak. Sy kebagian utk cari tau persisnya yg di kutek di mana nya," jawab wali mahasiswa itu.

Tak disangka lagi, wali berhati malaikat itu juga memberikan tambahan makanan kepada mahasiswi yang "terjebak" di indekos itu. "Ini bukan dr ortu2 yg kemarin diomongin. Ini saya aja pesen. Kalau yg dr ortu2, menyusul ya," sahut sang wali mahasiswa.

Banyak Mahasiswa Tak Mudik Gegara Corona, Kisah \'Moms\' UI Beri Bantuan Ini Jadi Sorotan-2

Twitter

Aksi kemanusiaan yang dilakukan "moms" UI alias ibu-ibu mahasiswa UI ini pun langsung menarik perhatian banyak warganet. Mereka mengaku terharu melihat tali kemanusiaan itu masih terjaga di tengah situasi pelik yang ada.

"Emang masih banyak ibu2 yang hatinya kayak bidadari, gak semuanya kayak raja jalanan pake matic," cuit @vir*****ar. "Kayak beginiii2 bikin nangis banget. Penuh suka cita," imbuh @de****i.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts