Birthday Spotlight: Happy Sungjae Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas tentang Sungjae yang berulang tahun pada hari ini, Sabtu, 2 Mei 2020. Member BTOB ini berusia 25 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas perjalanan karier idol tampan Sungjae yang berulang tahun pada Sabtu, 2 Mei 2020.

Sungjae lahir pada 2 Mei 1995 di Yongin, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Sungjae dikenal luas setelah debut sebagai member BTOB pada tahun 2012 lalu. Artis asuhan Cube Entertainment ini dikenal sebagai penyanyi, penari, aktor hingga MC. Tak perlu lama-lama langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Sungjae sejak sebelum debut hingga kini.

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Sungjae lahir dari keluarga kaya raya. Ayahnya merupakan seorang CEO dari sebuah perusahaan IT. Sungjae adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Dia memiliki kakak perempuan yang bernama Yook Sung Young.

Sungjae menempuh pendidikan di SD dan SMP Seowon lalu melanjutkan sekolahnya di SMA Seni Hanlim. Setelah lulus SMA, Sungjae diterima di Universitas Dongshin jurusan Musik Praktik. Selain itu, dia juga sempat mengikuti kelas bahasa Inggris di Cebu, Filipina.

Untuk meraih mimpinya sebagai idol, Sungjae harus melalui jalan panjang yang berliku. Saat masih remaja, Sungjae pernah mengikuti audisi sebagai penyanyi di JYP Entertainment. Namun dia harus mengalami kegagalan hingga akhirnya bernaung di bawah Cube Entertainment.

Sebelum debutnya sebagai member BTOB, Sungjae sempat berperan dalam drama "Living in Chungdamdong" sebagai anggota Invincible Chungdam No. 5. Dalam drama ini dia beradu akting dengan beberapa idol lainnya seperti Eunkwang, Hyunsik, Ilhoon dan Lee Minwoo ex C-Clown.

2. Debut


Debut

Setelah menjalani masa trainee selama tiga tahun, Sungjae akhirnya debut sebagai member BTOB pada tahun 2012. Grup beranggotakan tujuh orang ini pertama kali menampilkan lagu "Insane" dan "Imagine" di "M! Countdown". Mini album debut mereka yakni "Born to Beat" dirilis kemudian, tepatnya pada tanggal 3 April 2012.

Respon netizen saat BOTB debut tidak begitu baik karena saat itu ada banyak grup idol baru yang juga memulai kariernya di tahun yang sama. Meski demikian, BTOB mampu bertahan di tengah persaingan ketat industri hiburan Korea Selatan.

Setahun setelah debut, BTOB berhasil meraih penghargaan pertamanya di ajang "Golden Disc Awards 2013" untuk kategori Next Generation Star. Setelah itu berbagai piala berhasil dibawa pulang Sungjae dan BTOB, mulai dari Best Vocal Group, Best Male Group, Bonsang Award, Ballad Award dan masih banyak lagi. Pada tahun 2014, BTOB mulai debut di Jepang dengan merilis lagu berjudul "Wow" di bawah agensi Jepang yakni Kiss Entertainment.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Selain menerima penghargaan musik bersama BTOB, Sungjae beberapa kali meraih apresiasi secara individu. Beberapa penghargaan membanggakan Sungjae diraih karena bakatnya dalam bidang akting. Pada tahun 2015 ia membintangi drama "School 2015" dan berperan sebagai Kong Tae Gwang.

Lewat drama tersebut, Sungjae berhasil menyabet piala "KBS Drama Awards 2015" untuk kategori Best Couple Award bersama aktris Kim So Hyun. Di tahun yang sama, Sungjae mendapat dua penghargaan di ajang "MBC Entertainment Awards" untuk kategori Best Male Newcomer Award dan Best Couple Award bersama Joy Red Velvet. Penghargaan ini dia dapatkan untuk partisipasinya dalam program "We Got Married". Masih di tahun 2015, Sungjae juga berhasil memenangkan penghargaan New Star Award di ajang "SBS Drama Awards 2015" untuk perannya dalam drama "The Village: Achiara's Secret".

Puncak karier Sungjae berlanjut di tahun 2017 setelah ia membintangi serial hit "Goblin". Dalam ajang "Korea Cable TV Awards 2017" dia berhasil memenangkan pernghargaan Rising Star Award. Karena "Goblin" juga, Sungjae sukses membawa pulang dua piala dalam ajang "10th Korea Drama Awards" untuk kategori Best New Actor dan Star of the Year Award. Tak hanya itu, sebab pada tahun 2017 Sungjae juga berhasil meraih penghargaan Male Acting Idol dalam ajang "2018 Korea's First Brand Awards".

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Meski pada tahun 2012 Sungjae sudah menjadi pembawa acara "The Show", aktivitas solonya semakin lancar sejak tahun 2013. Ia sempat membintangi drama "Monstar" sebagai Arnold, lalu muncul di seri hit tvN "Reply 1994" sebagai Sooksookie.

Pada tahun 2014, Sungjae menjadi pembawa acara program "A Song For You" bersama Kangin Super Junior dan Amber f(x). Ia juga pernah menjadi anggota program hit "Real Men" dan "Hitmaker". Di tahun ini juga, Sungjae sempat menjadi pemeran utama drama tvN "Plus Nine Boys".

Kariernya aktingnya semakin gemilang di tahun 2015 saat ia membintangi drama "School 2015" dan "The Village: Achiara's Secret" yang membuatnya menerima sejumlah penghargaan. Pada tahun 2015 dia juga sempat menjadi pembawa acara "Inkigayo" bersama Kim Yoo Jung dan Jackson GOT7.

Di tahun 2016, kesuksesan Sungjae di dunia akting kembali terulang lewat perannya sebagai Yoo Duk Hwa di drama "Goblin". Pada tahun 2017, Sungjae mulai menjadi anggota tetap program hit SBS "Master in the House" bersama Lee Seung Gi, Yang Se Hyung dan Lee Sang Yoon.

Sayangnya, Sungjae memutuskan untuk mengundurkan diri dari "Master in the House" pada bulan Februari lalu. Alasan hengkangnya Sungjae adalah karena ia ingin fokus pada perilisan album spesial, proses syuting drama terbaru "Mystic Pop Up Bar" hingga persiapan wamil.

Selain aktif di drama dan variety show, leader sementara BTOB ini juga sempat merilis beberapa lagu solo maupun duet. Seperti lagu "Loving You Again", "Paradise", "Tell Me" dan masih banyak lagi. Pada 2 Maret lalu, Sungjae merilis album solo perdana dan spesial yang berjudul "Yook O'clock". Mini album ini terdiri dari tujuh lagu dengan single utama yang berjudul "Come with the Wind".

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama kariernya, Sungjae pernah terlibat dalam beberapa kontroversi. Pertama adalah soal kontroversinya dan Joy yang berkaitan dengan program "We Got Married". Seperti yang diketahui, keduanya menjadi pasangan virtual di program ini pada tahun 2015 lalu. Sungjae dan Joy menjadi salah satu pasangan "We Got Married" yang memiliki chemistry luar biasa dan sukses besar membuat pemirsa baper.

Namun setelah foto mereka saat syuting tersebar, banyak netizen Korea yang meyakini bahwa apa yang mereka tunjukkan di layar kaca hanya akting belaka. Dalam foto yang beredar, Sungjae dan Joy memang terlihat berjalan dengan sangat dekat di pinggir jalan. Namun salah satu penggemar yang berada di lokasi syuting mengatakan bahwa keduanya terlihat sangat canggung dan tidak dekat seperti apa yang terlihat di layar kaca.

Selain kontroversi dengan Joy di "We Got Married", Sungjae juga pernah merasakan pengalaman tak mengenakkan pada awal tahun 2019 lalu. Sungjae dan sejumlah idol lainnya yakni Kikwang, Yoon Doo Joon, Hyunseung, Eunkwang, Yong Jun Hyung serta penyanyi tradisional Choo Ga Yeol disebut mendapat perlakuan istimewa di kampusnya, Universitas Dongshin. Ia dan mahasiswa berstatus selebriti lainnya ditandai hadir meskipun mereka tidak berada di kelas. Sebagai gantinya, mereka hanya perlu menyaksikan video siaran kuliah sebagai bukti kehadiran.

Karena perlakuan istimewa tersebut, Kementerian Pendidikan di Korea Selatan membuat pengumuman mengejutkan. Pihak Kementerian memutuskan untuk mencabut gelar sarjana mereka. Universitas Dongshin sempat mengajukan keberatan atas putusan Kementerian Pendidikan. Namun Kementerian Pendidikan tetap pada keputusannya untuk membatalkan gelar para idol tersebut.

Namun hal sedikit berbeda terjadi pada Sungjae karena dia masih berstatus sebagai mahasiswa. Gelarnya tidak akan dibatalkan meski semua kredit yang dilalui harus dihapus.

"Karena Sungjae masih berstatus mahasiswa, semua kredit yang telah diterimanya sejauh ini akan dibatalkan. Gelarnya tidak akan dibatalkan," terang sumber dari Kementerian Pendidikan. "Sedangkan untuk enam penyanyi lainnya, semua catatan akademis mereka akan dihapus."

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Sungjae akan segera comeback akting melalui drama JTBC yang berjudul "Mystic Pop Up Bar". Ini menjadi drama pertama Sungjae dalam tiga tahun setelah "Goblin" yang ia bintangi pada 2016-2017 lalu. Dalam drama ini dia akan beradu akting dengan aktris cantik Hwang Jung Eum hingga aktor Choi Won Young.

"Mystic Pop Up Bar" sendiri menceritakan berbagai kisah yang berpusat di sekitar pojangmacha misterius (tempat minum luar ruangan) yang hanya buka di malam hari di atap gedung. Pelanggan dari tempat minum tersebut terdiri dari orang mati maupun manusia normal.

Dalam drama ini Sungjae akan berperan sebagai Han Kang Bae. Dia digambarkan sebagai karyawan di pusat layanan pelanggan Gab Eul Mart dan bekerja paruh waktu di pojangmacha. Han Kang Bae memiliki kemampuan aneh untuk membuat orang mengakui rahasia mereka saat dia melakukan kontak fisik dengan mereka.

Rencananya, "Mystic Pop Up Bar" akan mulai tayang pada 20 Mei mendatang. Nantinya drama ini akan mengisi slot tayang Rabu dan Kamis malam milik JTBC. Jika kalian penggemar berat Sungjae, jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikannya ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait