Congklak
SerbaSerbi

Di tengah kemajuan zaman, tak ada salahnya untuk mengenalkan anak pada permainan tradisional yang memiliki beragam manfaat, mulai dari meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosi hingga melatih ketahanan fisik mereka. Contohnya seperti berikut ini.

WowKeren - Congklak atau yang biasa disebut dengan istilah dakon merupakan salah satu permainan tradisional yang mampu mengasah kecerdasan otak kiri. Hal ini dikarenakan congklak menuntut anak untuk memikirkan strategi yang harus ia lakukan agar bisa memenangkan pertandingan.

Permainan ini sendiri hanya bisa dimainkan oleh dua orang saja. Pada papan congklak terdapat 16 lubang yang harus diisi dengan 98 biji. Kedua pemain harus menentukan siapa yang mulai mengisi lubang terlebih dahulu dengan suit.

Sebagai permulaan, isi masing-masing lubang dengan tujuh biji saja. Salah satu pemain akan memulai pertandingan dengan mengambil tujuh biji dari salah satu lubang miliknya untuk dibagikan pada lubang yang lain secara berurutan. Lakukan hal ini secara terus menerus sampai bijinya habis.

Setelah pemain pertama selesai, pemain berikutnya harus memainkan gilirannya. Permainan ini bisa dianggap selesai jika sudah tidak ada lagi biji di lubang-lubang kecil. Dan pemenangnya ditentukan dari perbandingan jumlah biji yang ada di lubang besar. Jika anak mengalami kekalahan dalam permainan ini, ajarkan dia untuk bersikap sportif dan menghargai pemenang.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts