Cublak Cublak Suweng
SerbaSerbi

Di tengah kemajuan zaman, tak ada salahnya untuk mengenalkan anak pada permainan tradisional yang memiliki beragam manfaat, mulai dari meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosi hingga melatih ketahanan fisik mereka. Contohnya seperti berikut ini.

WowKeren - Bagi Anda yang dibesarkan di tanah Jawa mungkin sudah tidak asing dengan permainan tradisional satu ini. Cublak Cublak Suweng adalah jenis permainan yang dapat melatih si kecil untuk mencocokkan ritme lagu dengan cara menggerakan tangan, melatih motorik halus, belajar mengikuti peraturan yang ada, kerjasama, menyimpan rahasia dan berusaha berpikir agar bisa menebak dengan benar. Karena itulah tak ada salahnya untuk mengenalkan si kecil pada permainan satu ini.

Sebelum memulai permainan, imbau anak-anak untuk menentukan siapa yang akan jadi Pak Empo dengan melakukan hompimpah. Setelah pemeran Pak Empo sudah diputuskan, dia harus berbaring di tengah sambil dikelilingi oleh anak-anak yang lain. Mereka yang duduk melingkar harus memegang sebuah biji atau kerikil yang akan dipindahkan dari satu tangan ke tangan lainnya sambil menyanyikan lagu Cublak Cublak Suweng.

Liriknya berbunyi seperti ini, "Cublak cublak suweng, suwenge ting gelenter, mambu ketundung gudel. Pak empo lirak-lirik, sapa mau sing delekke. Sir sir pong dele gosong, sir sir pong dele gosong". Ketika sampai di lirik "sapa mau sing delekke", serahkan satu biji atau kerikil pada salah satu anak untuk disembunyikan. Setelah lagu berakhir, Pak Empo harus bangun dan menebak siapa yang memegang biji atau kerikil tersebut.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts