Engklek
SerbaSerbi

Di tengah kemajuan zaman, tak ada salahnya untuk mengenalkan anak pada permainan tradisional yang memiliki beragam manfaat, mulai dari meningkatkan kecerdasan intelektual dan emosi hingga melatih ketahanan fisik mereka. Contohnya seperti berikut ini.

WowKeren - Engklek merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup legendaris dan masih sering dimainkan oleh anak-anak masa kini. Sebelum memulai permainan, kita harus membuat polanya di tanah terlebih dahulu. Pertama, buat pola tiga kotak berdiri, lalu dua kotak menyamping, di atasnya gambar lagi satu kotak, dilanjutkan dengan dua kotak menyamping dan terakhir buat gambar setengah lingkaran di puncaknya.

Untuk memulai permainan, seseorang harus melempar batu pada kotak dan berusaha mengambilnya dengan melompat dan menjaga keseimbangan menggunakan satu kaki. Namun perlu diingat bahwa anak yang mendapat giliran tidak boleh menginjakkan kakinya di dalam kotak berisi batu dan dilarang mengenai garis.

Permainan ini akan melatih kekuatan dan kelincahan fisik serta meningkatkan kecerdasan kinestik anak saat mereka melompat menggunakan satu kaki. Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi anak dan mengajarkan pada mereka untuk tidak bermain curang saat kaki menyentuh garis.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts