Selain 'It's Okay To Not Be Okay', 10 Drama Korea Seru Ini Juga Mengangkat Isu Kesehatan Mental!
SBS
TV

Kesehatan mental telah menjadi tema yang konsisten dan lazim di K-drama akhir-akhir ini. Meskipun telah disinggung sejak lama, akhir-akhir ini para penulis naskah dan pembuat film berusaha lebih keras untuk menyadarkan masalah ini.

WowKeren - Kesehatan mental telah menjadi tema yang konsisten dan lazim di K-drama akhir-akhir ini. Meskipun telah disinggung sejak lama, akhir-akhir ini para penulis naskah dan pembuat film berusaha lebih keras untuk menyadarkan masalah ini dan menunjukkan berbagai jenis penyakit yang termasuk dalam kesehatan mental.

K-drama ini sering kali menunjukkan bagaimana karakternya sembuh dari penyakit tertentu, dan ini pada gilirannya memberikan motivasi bagi pemirsa untuk terus melawan penyakit mental mereka. Itulah mengapa K-drama genre in sangat menyenangkan untuk ditonton.

Jika kalian kebetulan sedang mencari beberapa K-drama yang berhubungan dengan kesehatan mental, berikut berikut tim WowKeren rangkum 10 rekomendasinya. Beberapa drama ini secara gamblang mengisahkan karakter utamanya memiliki masalah kesehatan mental, namun beberapa juga ditampilkan secara implisit. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. It's Okay, That's Love


It's Okay, That's Love
SBS

Drama ini diperankan oleh Jo In Sung yang merupakan penulis megastar bernama Jang Jae Yeol. Ian kemudian bertemu dengan dokter jiwa bernama Ji Hae Soo yang diperankan oleh Gong Hyo Jin. Mereka mengembangkan rasa tidak suka yang kuat satu sama lain, tetapi ketika Hae Soo mengetahui bahwa pemilik rumah yang dia sewa dan tinggali adalah milik Jae Yeol, dia harus menebus kesalahannya dan tahan dengan cara arogannya.

Terlepas dari kebencian satu sama lain, keduanya menemukan bahwa mereka sangat mirip, dan ini menjadi titik puncak dalam hubungan mereka. Dari situ bermula hubungan romantis yang indah. Ini adalah salah satu seri paling berkesan yang berhubungan dengan kesehatan dan penyembuhan mental. Meski terlihat normal, Jang Jae Yeol adalah sosok yang harus berjuang dengan penyakit mental skizofrenia serius.

Lewat kisahnya dan akting Jo In Sung yang mumpuni, para pemirsa yang mengikuti perjalanan penyembuhannya akan larut dalam simpati yang mendalam. Ada beberapa adegan mentah dan emosional yang menunjukkan dia berusaha mengatasi penyakitnya. Cinta dan kesetiaan yang dia terima dari cintanya Ji Hae Soo sangat menggembirakan dan menghangatkan hati.

2. Kill Me Heal Me


Kill Me Heal Me
MBC

"Kill Me Heal Me" adalah K-Drama yang bercerita tentang seorang pria kaya bernama Cha Do Hyun yang diperankan oleh Ji Sung. Do Hyun berjuang dengan gangguan kepribadian ganda sebagai akibat dari pengalaman traumatis yang dia alami sebagai saat masih anak-anak. Lebih spesifiknya, ia tumbuh dewasa dengan memiliki tujuh kepribadian di mana salah satunya kepribadiannya juga jatuh cinta dengan dokter jiwa bernama Oh Ri Jin yang diperankan Hwang Jung Eum.

Serial ini melakukan pekerjaan yang baik tidak hanya mengungkap penyakit mental yang dialami Cha Do Hyun, tetapi melakukannya dengan cara yang menyenangkan dan lucu. Meski topiknya cukup serius, karakter Cha Do Hyun menunjukkan kekuatan dan ketekunan dalam menghadapi penyakitnya ini. Dia bersedia mencari tahu apa akar penyakitnya dan mencoba mencari cara untuk memperbaikinya. Dia adalah karakter pemberani dan berani yang tidak menyerah tanpa perlawanan.

3. Clean With Passion For Now


Clean With Passion For Now
JTBC

"Clean With Passion For Now" dibintangi Yoon Kyun Sang dan Kim Yoo Jung yang merupakan drama menggemaskan tentang cinta pertama. Yoon Kyun Sang berperan sebagai CEO dari perusahaan pembersih bernama Jang Sun Gyeol, yang memiliki fobia pada hal yang kotor (germaphobe) serius. Dia bertemu Gil Oh Sol yang diperankan oleh Kim Yoo Jung. Oh Sol di sisi lain, sedikit kurang bersih. Dia tidak peduli dengan penampilannya, dan menjadi rapi dan rapi tidak termasuk dalam daftar sibuknya.

Keduanya bertemu dan membentuk hubungan kebencian pada awalnya, tapi kemudian perlahan berkembang menjadi suka dan cinta. Jung Sun Gyeol menderita OCD parah yang dideritanya setelah melalui trauma ketika dia masih kecil. Setelah peristiwa tertentu, Sun Gyeol telah menjadi germaphobe dan itu telah menghalanginya untuk memiliki hubungan dan kehidupan normal apa pun.

Jadi saat dia bertemu Gil Oh Sol, dia dihadapkan dengan seorang gadis yang menantangnya untuk berubah. Dia memberinya keberanian untuk menghadapi masalahnya dan ingin memperbaikinya. Itu adalah genre drama yang menggemaskan dan terlepas dari topiknya yang serius, itu membuat kalian tersenyum dan tertawa.

4. It’s Okay To Not Be Okay


It’s Okay To Not Be Okay
tvN

Jika membicarakan soal drama masalah mental, kalian enggak boleh melupakan " It’s Okay To Not Be Okay". Moon Kang Tae, diperankan oleh Kim Soo Hyun bekerja sebagai perawat di rumah sakit jiwa. Dia bertemu dengan seorang wanita bernama Go Moon Young yang diperankan Seo Ye Ji, seorang penulis buku anak-anak. Go Moon Young bertekad untuk memenangkan hati Kang Tae, tapi Kang Tae tidak bisa diganggu dengan asmara dan hubungan karena dia mengabdikan diri untuk merawat kakak laki-lakinya Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang autis.

"It’s Okay To Not Be Okay" adalah serial yang benar-benar membahas masalah kesehatan mental dan berbagai jenis penyakit mental. Banyak karakter yang menghadapi semacam trauma yang menyebabkan mereka mengalami tekanan emosional saat dewasa. Dengan bersandar pada satu sama lain, mereka dapat memahami satu sama lain dan menangani masalah masing-masing.

5. Heart To Heart


Heart To Heart
tvN

Cha Hong Do yang diperankan oleh Choi Kang Hee adalah wanita lugu yang memiliki kecemasan sosial yang parah. Dia bahkan tidak bisa menatap mata orang tanpa tersipu dan ingin melarikan diri dan bersembunyi. Segala sesuatu yang dia pelajari dalam hidup, dia lakukan dengan membaca, tetapi ketika neneknya meninggal, itu memaksa Hong Do untuk pergi ke dunia luar dan menjelajah. Pada saat itulah dia bertemu dengan Go Yi Seok yang diperankan oleh Chun Jung Myung.

Choi Kang Hee tidak ingin menjadi lebih baik sampai dia bertemu Yi Seok. Yi Seok mampu memberi Kang Hee keberanian untuk keluar dari cangkangnya dan menemukan kepercayaan diri untuk menjadi lebih baik. Jung Myung sabar dan menyayangi Ho Dong saat dia mengatasi kecemasannya tentang dunia. Ini merupakan sebuah kisah cinta yang indah dan sangat efektif dalam menunjukkan perjuangan kecemasan sosial.

6. Hyde Jekyll Me


Hyde Jekyll Me
SBS

Gu Seo Jin (Hyun Bin) adalah chaebol yang merupakan CEO dari sebuah taman hiburan. Dia terlihat memiliki segalanya dalam hal penampilan, kekayaan, dan otak, tetapi dia juga berjuang dengan gangguan identitas disosiatif. Saat detak jantungnya meningkat, kepribadiannya berubah menjadi baik dan lembut dan tidak seperti kepribadiannya yang dingin biasanya.

Seo Jin kemudian bertemu Jang Ha Na yang diperankan oleh Han Ji Min ketika mereka memperebutkan pertunjukan sirkus di taman hiburannya. Meskipun mereka bertengkar, mereka mulai memahami satu sama lain dan mengembangkan perasaan satu sama lain.

Gu Seo Jin mengalami trauma dari peristiwa yang terjadi 15 tahun sebelumnya yang membuatnya menutup diri secara emosional dari dunia. Dia lebih suka menghindari menjalani hidupnya dan menjadi bebas daripada terjebak dalam emosinya dan kepribadiannya yang lain muncul. Dia sangat enggan dalam perjalanannya menuju penyembuhan, tetapi dengan bantuan dan dukungan dari Ha Na, dia menemukan keberanian jauh di dalam dirinya untuk menghadapi trauma untuk sembuh. Ini adalah seri yang akan membuat pemirsa mendukung Seo Jin untuk terbebas dari masa lalunya dan menjalani hidupnya dengan cara yang seharusnya.

7. SKY Castle


SKY Castle
JTBC

"SKY Castle" adalah K-drama yang mengambil latar di lingkungan perumahan yang disebut SKY Castle. Lingkungan perumahan tersebut ada empat keluarga yang bersedia melakukan apa pun, dengan biaya berapa pun untuk memastikan bahwa anak-anak mereka masuk ke universitas terbaik. Pemerannya antara lain Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Na Ra, serta beberapa wajah baru yang popularitasnya meroket akibat kesuksesan serial ini.

Salah satu hal terbaik tentang "SKY Castle" adalah kesadaran dan perhatian yang diberikan kepada siswa yang menghadapi tekanan karena harus berprestasi secara akademis, terutama di Korea Selatan. Dorongan terus-menerus dari siswa untuk berhasil dan bekerja keras dapat menyebabkan mereka mengalami gangguan dan menjadi depresi, yang merupakan sesuatu yang ditangani drama ini dengan sangat efektif. Melihat anak-anak berjuang sendiri dengan tekanan ini sendiri adalah memilukan untuk ditonton, tetapi juga membesarkan hati karena menyoroti masalah yang perlu dibicarakan dalam masyarakat.

8. Fix You


Fix You
KBS

Lee Si Joon diperankan Shin Ha Kyun adalah seorang psikiater yang mencoba menyembuhkan pasiennya melalui berbagai cara. Dia peduli tentang penyembuhan mereka dan menemukan cara eksentrik bagi mereka untuk menerima penyakit mental dan trauma mereka. Dia bertemu Han Woo Joo diperankan Jung So Min, seorang aktris musikal dengan masalah yang menyebabkan dia mengalami gangguan emosional. Lee Si Joon bersedia bekerja dengannya untuk membantunya sembuh.

Cinta dan dedikasi yang dimiliki Lee Si Joon untuk Woo Joo sangat mengharukan. Dia mengambil sendiri untuk berada di sana untuknya dan membantunya mengatasi masalahnya dengan cara yang tidak sombong. Bahkan saat dia sedang emosional dan tidak stabil, Si Joon tidak melihat kesusahannya dan memiliki belas kasih yang total untuknya. Dengan kesetiaan dan cinta ini, Woo Joo dapat menemukan kekuatan untuk menghadapi kegagalannya dan menemukan kesembuhan dalam cintanya pada Si Joon.

9. Chocolate


Chocolate
JTBC

Dibintangi oleh Yoon Kye Sang sebagai Lee Kang dan Ha Ji Won sebagai Moon Cha Young, "Chocolate" berkisah tentang seorang pria dan wanita yang bertemu sebagai anak-anak dan menghadapi keadaan yang sangat tidak menguntungkan yang membuat mereka berpisah. Mereka mengalami beberapa peristiwa tragis yang dengan takdir mempertemukan mereka kembali sebagai orang dewasa.

Lee Kang menjadi ahli bedah otak yang sukses, dan Moon Cha Young adalah koki. Cha Young mengenali Lee Kang ketika dia pertama kali bertemu kembali dengannya, tetapi dia gagal untuk mengenalinya, yang membuat situasi menjadi sangat membingungkan dan canggung bagi Cha Young. Lee Kang dan Moon Cha Young sama-sama mengalami banyak kehilangan di usia muda.

Saat trauma menghantam Moon Cha Young, dia menjadi tidak bisa mengatasinya seiring bertambahnya usia, yang memaksanya untuk mengubur ingatan. Setiap kali dia dipicu oleh sesuatu dalam hidupnya, dia mendapat serangan panik parah yang sering membuatnya pingsan. Ketika dia bertemu Lee Kang, dia menyadari peristiwa apa yang dia telah terkubur begitu dalam di dalam dirinya. Dia juga mencari cara untuk mengatasinya sehingga dia bisa menjalani hidupnya dalam kebebasan.

10. My Mister


My Mister
tvN

Dibintangi oleh IU sebagai Lee Ji An, "My Mister" adalah kisah memilukan tentang seorang gadis yang hanya berusaha bertahan dalam hidup. Dia memiliki kemalangan dalam hidup dan jarang terjadi sesuatu yang baik padanya. Dia merawat neneknya yang lemah dengan melakukan banyak pekerjaan paruh waktu dan hidup dalam jurang depresi yang serius. Tapi ini mulai berubah ketika dia bertemu Park Dong Hoon (Lee Sun Gyun), seorang pekerja kantoran yang optimis dan penuh kasih.

Dia melihat Ji An berjuang dan mencoba membantunya kapan pun dia bisa. Lee Ji An telah melalui neraka seumur hidupnya. Dia telah kehilangan hampir seluruh keluarganya dan hampir tidak mampu untuk merawat neneknya yang sakit. Dia depresi dan tidak menemukan kebahagiaan dalam kehidupannya sehari-hari. Ji An memandang hidup dalam sudut pandang negatif dan menjalani tindakan hidup tapi tidak ada yang bisa membuat dia tersenyum.

Saat bertemu dengan Park Dong Hoon, seorang pria tua yang sangat positif dan perhatian, Ji An melihat cara dia memandang dunia dan mulai berubah. Dia membantunya tanpa mengharapkan imbalan apa pun, yang tidak pernah dimiliki Ji An seumur hidupnya. Dengan bimbingannya, dia menyadari bahwa hidup bahagia itu mungkin.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru