Indonesia-Tiongkok 'Rebutan' Wilayah Laut Natuna
Nasional

Meskipun kasus di Tanah Air banyak didominasi oleh kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pandemi corona namun ada peristiwa lain yang tak kalah menghebohkan

WowKeren - Di awal tahun Indonesia digegerkan dengan konflik yang terjadi dengan Tiongkok. Hal ini bermula ketika Penjaga Pantai (Coast Guard) Tiongkok masuk ke perairan Natuna, yang mana wilayah tersebut masih termasuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Untuk mempertahankan kedaulatannya, pemerintah melayangkan protes keras ke Tiongkok. Konflik akhirnya mereda dengan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian mengakui bahwa perairan Natuna adalah milik Indonesia. Ia menyebutkan hal itu terjadi lantaran adanya tumpang tindih klaim yang sebenarnya bisa dinegosiasikan.


Lalu ada juga yang tak kalah menuai sorotan adalah kasus suap di lingkungan DPR soal Pergantian Antar Waktu (PAW) yang menyeret nama Caleg PDIP Harun Masiku Dan Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Masih di bulan yang sama, masyarakat RI dibaut geleng-geleng dengan hadirnya kerajaan fiktif Sunda Empire. Kasus Kerajaan abal-abal ini berujung pada proses hukum dengan penangkapan tiga tersangka.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait