DPR Sahkan Omnibus Law UU Cipta Kerja
Getty Images
Nasional

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan beragam kejadian sepanjang tahun. Mulai dari pengesahan UU Cipta Kerja yang kontroversial hingga kepulangan Habib Rizieq, berikut peristiwa heboh di bulan Juli hingga Desember 2020.

WowKeren - DPR RI resmi mengesahkan RUU Cipta Kerja Omnibus Law yang kontroversial menjadi Undang-Undang pada 5 Oktober 2020. Total ada 7 partai yang memberikan persetujuan atas perubahan dari RUU ke UU tersebut. PKS dan Partai Demokrat sepakat untuk menolak dan bahkan walk out dari sidang paripurna.

Pengesahan ini memicu gelombang penolakan, puncaknya pada 8 Oktober 2020 dimana aksi demo di Ibu Kota berujung rusuh. Sejumlah halte TransJakarta dilaporkan rusak hingga terbakar.

"Di beberapa wilayah masih bisa koordinasi dengan baik pada tanggal 6, misal di Bekasi masih bisa kita koordinasi dengan baik, tanggal 7," ungkap Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdruchman pada 9 Oktober 2020. "Nah puncaknya itu tanggal 8 Oktober memang puncaknya ya di beberapa wilayah."

Di sisi lain, sosok Terawan Agus Putranto yang kala itu masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan juga mendapat sorotan di bulan Oktober 2020. Pasalnya, jurnalis Najwa Shihab menggelar agenda wawancara kursi kosong demi "menyindir" sosok Terawan yang dinilai "menghilang" di tengah pandemi corona.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait