Pilkada Serentak 2020
Getty Images
Nasional

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan beragam kejadian sepanjang tahun. Mulai dari pengesahan UU Cipta Kerja yang kontroversial hingga kepulangan Habib Rizieq, berikut peristiwa heboh di bulan Juli hingga Desember 2020.

WowKeren - Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak digelar secara serentak di 270 daerah pada 9 Desember 2020. Pesta demokrasi ini sempat menimbulkan pro-kontra lantaran digelar di tengah masa pandemi corona.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat tata cara baru untuk mencoblos di masa pandemi corona. Seluruh petugas KPPS di tempat pemilihan suara (TPS) untuk melakukan rapid test. Selain itu, KPU juga telah meyiapkan bilik khusus di setiap TPS khusus bagi masyarakat yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat celcius.

Pilkada 2020 juga menarik lantaran diikuti oleh sejumlah keluarga atau kerabat pejabat. Sebut saja putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, yang maju di Pilwalkot Solo, hingga putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, yang maju di Pilwalkot Tangerang Selatan.

Di bulan terakhir tahun 2020, Indonesia juga dikejutkan oleh mantan Menteri Sosial Juliari Batubara yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi bansos COVID-19. Kasus Juliari ini terbongkar tak lama setelah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo diciduk oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait