Erina Gudono dan 10 Artis Ini Lakukan Siraman Dengan Adat Jawa Kental
Instagram/kaesangp
Selebriti

Salah satu tradisi yang dilakukan menjelang pernikahan adalah proses siraman. Proses siraman ini dilakukan dengan mengusung adat tertentu. Salah satunya seperti adat Jawa.

WowKeren - Pernikahan merupakan hari yang spesial bagi orang-orang pada umumnya. Hari tersebut merupakan momen bahagia, tak hanya bagi pasangan yang melangsungkannya namun juga keluarga dan orang-orang di sekitar mereka. Hari tersebut bisa dirayakan dengan pesta meriah sehingga semua orang bisa bersuka cita.

Begitu juga dengan sepasang mempelai yang menjalaninya, pernikahan menjadi awal bagi lembaran baru kehidupan rumah tangga mereka. Karena dianggap sebagai momen yang sangat spesial dalam kehidupan seseorang, tak heran jika sebagian orang ingin agar momen ini hanya terjadi satu kali dalam hidup. Selain itu, pernikahan juga akan menjadi kenangan yang terukir dan menjadi bagian dari sejarah kehidupan rumah tangga seseorang.


Tak pelak, untuk melangsungkan pernikahan biasanya akan dilakukan persiapan yang matang. Persiapan yang dilakukan juga berbeda-beda dari orang yang satu dengan lainnya. Bahkan, ada yang sudah memulainya jauh-jauh hari untuk benar-benar bisa memberikan yang terbaik di acara itu.

Tak jarang pula, prosesi pernikahan yang digelar juga akan mengusung tema adat tertentu sesuai kesepakatan kedua mempelai. Salah satu tradisi yang dilakukan menjelang pernikahan adalah proses siraman. Proses siraman ini dilakukan dengan mengusung adat tertentu. Salah satunya seperti adat Jawa.

Melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca melihat artis mana saja yang menggelar tradisi siraman yang kental dengan adat Jawa. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Erina Gudono


Erina Gudono
Instagram/erinagudono

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono kini tinggal menghitung hari. Publik pun terus mengikuti update terbaru mengenai serangkaian proses pernikahan mereka hari demi hari. Mulai dari momen pengambilan foto prewedding mereka, pengajian, hingga yang terbaru adalah tradisi siraman.

Siraman Erina mengikuti adat pernikahan Yogyakarta dan berlangsung di Dusun Purwosari, Sleman. Karena Erina adalah anak pertama di keluarganya yang menikah, maka ada tiga tahapan yang berlangsung yakni majang tarub, kemudian cetik geni dan adhang pisanan. Selain orang tua, Erina juga akan sungkem kepada kedua kakaknya.

2. Chelsea Islan


Chelsea Islan
Instagram/iluminen

Selain Kaesang dan Erina, figur publik yang juga menikah awal bulan ini adalah Chelsea Islan dan Rob Clinton. Setelah melangsungkan pertunangan pada Oktober 2022 lalu, Chelsea ternyata diam-diam melakukan proses siraman. Hal itu terungkap dari unggahan akun sang fotografer. Di momen itu, Chelsea mengenakan kebaya berwarna ungu muda.

Momen siraman itu berlangsung dengan menggunakan adat Jawa. Digelar secara tertutup, momen siraman itu hanya dihadiri oleh kerabat dekat. Dalam salah satu rangkaian prosesnya, Chelsea tampak sungkem kepada sang ibunda. Ia berlutut di depan sang ibunda yang duduk di kursi. Untuk siraman tersebut, sang ibunda telah menyiapkan air dari berbagai sumber.

3. Ardina Rasti


Ardina Rasti
Instagram/younand

Momen siraman Ardina Rasti jelang pernikahan berlangsung dengan haru. Ia pun menggunakan sembilan sumber mata air untuk proses tersebut, termasuk dari sumur Masjid Sunan Kudus dan air zam-zam. Setelah itu, ia pun melakukan sungkem kepada orang tuanya untuk memohon doa restu.

Rangkaian proses kemudian dilanjutkan dengan adat Jawa yang disebut dodol dawet. Dalam proses ini, orang tua Ardina akan berjualan dawet kepada para tamu dengan menggunakan uang tanah liat. Proses ini melambangkan kebulatan kehendak orang tua untuk melepaskan anaknya menikah dengan seseorang.

4. Momo Geisha


Momo Geisha
Instagram/therealmomogeisha

Momo Geisha sendiri merupakan seorang penyanyi yang berdarah Batak. Namun saat acara jelang pernikahan, Momo menggunakan adat Jawa. Hal itu mengingat suaminya, Nicola Reza Samudra, berasal dari Jawa Timur. Momo pun sempat mengaku kikuk saat menjalani prosesi siraman tersebut. "Lewat proses ini saya bisa mengenal budaya Jawa," ujarnya.

Acara itu sendiri digelar secara tertutup yang kental dengan suasana adat Jawa. Momen itu sempat dibagikan oleh Momo lewat unggahan Instagram. Tampak dirinya duduk di tengah di apit oleh ayah ibunya yang berdiri di samping untuk mengguyurkan air siraman kepadanya. Momo terlihat anggun dengan kain batik yang lengkap dengan roncean melatinya.

5. Glenca Chysara


Glenca Chysara
Instagram/glencachysaraofficial

Belum lama ini artis cantik pemeran "Ikatan Cinta" Glenca Chysara telah melangsungkan pernikahan dengan pujaan hatinya, Rendi Jhon. Menjelang pernikahan, Glenca juga menggelar acara pengajian dan siraman yang kental dengan adat jawa. Acara itu berlangsung dengan haru dan khidmat. Glenca juga sempat sungkem kepada kedua orang tuanya.

Hal itu dilakukannya untuk meminta restu dari keduanya. Ia pun sampai menangis di momen itu. Rasa bahagia dan haru bercampur dalam momen itu. Glenca pun tak memungkiri jika dirinya merasa sedih lantaran akan berpisah dengan keluarga. Namun di lain sisi, ia juga bersemangat menyambut kehidupan barunya.

6. Aurel Hermansyah


Aurel Hermansyah
Instagram/aurelie.hermansyah

Bukan berlangsung di rumahnya sendiri, proses siraman Aurel Hermansyah beberapa waktu lalu dilangsungkan di hotel mewah kawasan Pondok Indah. Karena masih dalam suasana pandemi waktu itu, proses siraman Aurel hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat dan tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Meski digelar tertutup, prosesi siraman yang kental dengan adat Jawa tersebut dilakukan di ruangan outdoor. Pihak keluarga mengenakan pakaian batik yang semakin menambah kekentalan nuansa adat Jawa yang diusung. Tampak Aurel duduk didampingi oleh ayah dan ibu sambungnya, Anang Hermansyah dan Ashanty.

7. Ria Ricis


Ria Ricis
Instagram/riaricis1795

Sebelum mengucap janji suci pernikahan pada November 2021 lalu, Ria Ricis telah menjalani serangkaian prosesi. Mulai dari lamaran, pre-wedding, pengajian, dan tak ketinggalan prosesi siraman. Dalam acara itu, Ria Ricis tampak mengenakan busana warna pink lengkap dengan balutan bunga melati di bagian pundaknya.

Acara yang digelar dengan mengusung adat Jawa tersebut berlangsung di rumah Ricis. Sebagai bagian dari proses itu, sang ibunda menyiram air ke kepala Ria Ricis hingga tiga kali. Momen itu berlangsung haru dan Ria Ricis tampak bahagia. Setelah sang ibunda, paman Ria Ricis ikut menyiramkan air sebagai perwakilan dari almarhum ayah Ria Ricis.

8. Paula Verhoeven


Paula Verhoeven
Instagram/paula_verhoeven

Menjelang pernikahannya dengan Baim Wong, Paula Verhoeven juga menjalani prosesi adat di kediamannya. Salah satunya tradisi siraman yang digelar dengan menggunakan adat Jawa Solo. Prosesi adat tersebut digelar secara tertutup sehingga hanya dihadiri oleh pihak keluarga saja.

Momen sakral semacam itu bisa membuat siapa pun terharu. Tak terkecuali Paula yang sampai menitikkan air mata. "Cuma yang enggak kuat adalah orang tua ya, mami, papi, mereka sudah yang kayak banjir (air mata) he he he," ujar wanita kelahiran Semarang tersebut. Setelah menggelar acara siraman secara tertutup, Paula melanjutkan proses selanjutnya yakni midodareni.

9. Raisa


Raisa
Instagram/thebridestory

Raisa juga melakukan proses siraman sebelum menikah dengan Hamish Daud pada pertengahan 2017 lalu. Raisa menggelar acara tersebut di kediamannya yang ada di Cinere. Seperti pada umumnya, proses pengajian dan siraman bisanya digelar berdekatan. Begitu juga dengan yang dilakukan Raisa.

Dalam acara pengajian dan siraman, Raisa terlihat tiga kali berganti pakaian. Yang pertama adalah untuk momen pengajian. Ia mengenakan gaun putih dengan kerudung transparan. Setelah itu ia berganti pakaian berwarna lilac. Terakhir, ia mengenakan pakaian batik untuk siraman. Di momen itu, Raisa juga terlihat bahagia digendong oleh ayah dan kakaknya.

10. Mytha Lestari


Mytha Lestari
Instagram/mytha_lestari

Tak ketinggalan, ada Mytha Lestari yang juga menggelar prosesi sakral sebelum pernikahan, salah satunya tradisi siraman yang digelar dengan adat Jawa. Saat siraman, Mytha mengenakan kain berwarna hijau lengkap dengan untaian melati untuk menutupi bagian pundaknya. Ia juga memakai bando yang terbuat dari untaian bunga melati.

Dalam rangkaian prosesnya, Mytha tak lupa melakukan sungkem kepada orang tuanya. Dengan segenap perasaan, ia tampak mencium lutut kedua orang tuanya. Momen ini diiringi dengan lantunan lagu Jawa sehingga membuat suasana terasa makin kental. Kini, Mytha telah dikaruniai seorang buah hati dari pernikahannya dengan Barry Maheswara Siddique.

11. Syahra Larez


Syahra Larez
Instagram/syahralarez_new

Meski mungkin masih terdengar asing di telinga publik Tanah Air, Syahra Larez dikenal sebagai seorang pemeran dan model. Saat menikah dengan pujaan hatinya Denny Buana pada 2021 lalu, Syahra menjalani prosesi siraman yang mengusung adat Jawa. Acara yang dihadiri oleh keluarga serta teman dekat itu berlangsung haru.

Sesuai dengan adat yang diusung, Syahra tentu saja mengenakan pakaian siraman khas adat Jawa lengkap dengan mahkota melatinya. Tak hanya cantik, ia juga memancarkan aura anggun dan tersenyum saat air mulai mengguyur kepalanya. Setelah acara siraman selesai, ia berganti dengan kebaya berwarna merah yang membuatnya makin memesona.

Nah, demikian tadi sederet artis Tanah Air yang menggelar tradisi siraman kental dengan adat Jawa. Menarik, bukan?

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait