Atasi Kram dan Nyeri Perut Karena Haid dengan 10 Gerakan Yoga Ini, Mudah Ditiru
Health

Perlu kalian ketahui bahwa beberapa gerakan yoga juga mampu mengatasi rasa sakit kram saat menstruasi. Gerakannya mudah banget dilakukan untuk pemula. Simak di sini, ya.

WowKeren - Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Praktik olah tubuh ini telah dilakukan cukup lama sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi.

Tidak hanya olah tubuh, yoga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Yoga dapat menjadi sarana relaksasi, membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh, mengurangi resiko akibat penyakit kronis, meningkatkan massa otot serta memperbaiki postur tubuh. Nah, yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan dan menurunkan berat badan, lho.


Perlu kalian ketahui bahwa beberapa gerakan yoga juga mampu mengatasi rasa sakit kram saat menstruasi. Para wanita pasti pernah mengalami nyeri di bagian perut, pinggang hingga selangkangan. Rasa sakit tersebut juga beragam. Mulai dari kram, mual, muntah, sakit kepala dan diare.

Nah, mau tahu apa saja gerakan yoga yang dapat membantu meredakan rasa nyeri saat menstruasi. Intip di sini.

1. Camel Pose untuk Mengatasi Kram Perut


Camel Pose untuk Mengatasi Kram Perut

Pose ini berfokus pada perut dan fleksibilitas tulang belakang. Pose unta ini akan meregangkan dan menstimulasi perut yang baik untuk mengatasi keluhan kram. Buat pemula, kalian dapat menggunakan tumpuan tangan untuk sementara.

2. Lakukan Wide Child Pose


Lakukan Wide Child Pose

Peregangan ini akan mengurangi nyeri pinggul serta membantu meningkatkan atau mempertahankan kesehatan pinggul. Kalian akan merasakan relaksasi dan ketenangan. Nah, pose satu ini sangat mudah untuk dilakukan, kok.

3. Reclining Twist Pose untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi


Reclining Twist Pose untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi

Gerakan yoga selanjutnya adalah reclining twist. Gerakan ini cara santai untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang sisi ke sisi yang dapat meringankan nyeri perut dan punggung bawah. Kalian juga bisa menggunakan tumpuan pada kali.

4. Lakukan Arching Pigeon Pose dapat Meredakan Kram Perut


Lakukan Arching Pigeon Pose dapat Meredakan Kram Perut

Arching Pigeon merupakan gerakan yoga yang dijuluki sebagai "pembuka pinggul" lantaran ampun mengatasi kram perut dan membantu kalian merasa lebih santai. Pose ini juga dapat mengurangi rasa sesak yang disebabkan oleh stres dan ketegangan.

5. Atasi Kram Menstruasi dengan Cat Pose


Atasi Kram Menstruasi dengan Cat Pose

Selanjutnya adalah cat pose. Gerakan satu ini membantu meregangkan tubuh atas dan leher. Peredaran darah dapat lancar dan mengurangi kecemasan. Pastikan kalian melakukannya dengan benar, ya.

6. Tiger Pose yang Bantu Redakan Kram Perut


Tiger Pose yang Bantu Redakan Kram Perut

Selain cat pose, kalian juga dapat melakukan tiger pose untuk mengurangi rasa sakit karena menstruasi terutama pada punggung bawah. Pastikan kaki yang menumpu membentuk sudut 90 derajat, ya.

7. Gerakan Yoga Downward Facing Dog Pose


Gerakan Yoga Downward Facing Dog Pose

Mengikuti gerakan downward facing dog mungkin terlihat mudah. Namun, kalian harus benar-benar memperhatikan bentuk tulang belakang hingga posisi kepala. Posisi yang salah malah akan menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

8. Mengatasi Nyeri Perut Karena Haid dengan Seated Forward Fold


Mengatasi Nyeri Perut Karena Haid dengan Seated Forward Fold

Seated forward fold dilakukan dengan merapatkan kedua kaki lurus ke depan. Kemudian bungkukkan tubuh hingga kepala menyentuh lutut dengan kedua tangan menyentuh telapak kaki. Lakukan posisi ini sekitar 10 hingga 15 detik.

9. Lakukan Gerakan Wind Relieving Pose


Lakukan Gerakan Wind Relieving Pose

Gerakan yoga selanjutnya adalah wind relieving pose. Gerakan ini dilakukan dengan berbaring di atas matras. Lalu peluk salah satu kaki di dada. Lakukan bergantian dengan kaki lainnya.

10. Gerakan Terakhir, Lotus Pose


Gerakan Terakhir, Lotus Pose

Lotus pose merupakan gerakan penutup. Saat melakukan gerakan ini, kalian dapat bernafas secara perlahan dan teratur. Relaksasikan diri agar nyeri perut karena haid dapat mereda.

Mengatasi nyeri karena menstruasi tak hanya dengan gerakan yoga, masih banyak cara lainnya, lho. Simak di sini. Selain itu, saat menstruasi, kalian wajib menghindari makanan yang malah membuat nyeri semakin parah. Cari tahu di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...