10 Makanan Ini Bisa Bikin Mood Balik Lagi, Ampuh Hilangkan Stres dan Membuatmu Lebih Bahagia!
Kuliner

Bad mood memang wajar terjadi, tapi tentunya kita tidak boleh membiarkannya terlalu lama dan mulai mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood seperti berikut ini.

WowKeren - Ada banyak alasan yang bisa membuat suasana hati seseorang memburuk atau istilah kerennya jadi bad mood. Entah itu karena PMS, kelelahan, stres berkepanjangan dan masih banyak lagi.

Jika suasana hati seseorang sedang tidak baik, ia akan terhambat ketika melakukan berbagai aktivitas. Alasannya sederhana, karena dia akan sulit untuk fokus dan berkonsentrasi.


Kondisi ini tentu tidak baik jika dibiarkan terlalu lama, karena berbagai hal buruk bisa saja terjadi. Untuk itu, jika kamu berada dalam situasi seperti ini, sebaiknya segera lakukan segala cara untuk mengatasinya.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi bad mood adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan mood agar kamu bisa happy lagi. Nah mau tahu makanan apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Cokelat, Makanan yang Sangat Ampuh Untuk Meningkatkan Mood


Cokelat, Makanan yang Sangat Ampuh Untuk Meningkatkan Mood

Makanan pertama yang bisa meningkatkan mood kamu adalah cokelat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nestle Research Center di Swiss, rutin mengkonsumsi cokelat setiap hari selama dua minggu sangat bermanfaat untuk menurunkan hormon stres. Hal ini disebabkan karena cokelat memiliki kandungan polifenol yang bisa memberikan ketenangan.

Selain itu, makanan satu ini juga memiliki kandungan magnesium yang bisa membuat otot tubuh jadi lebih rileks serta dapat mengurangi rasa cemas dan lelah. Dan saat kalian mengkonsumsi cokelat, otak akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa menciptakan rasa senang atau bahagia. Karena itu, jika suasana hatimu sedang buruk, makan cokelat saja ya.

2. Makan Es Krim Saat Bad Mood Dijamin Bisa Bikin Good Mood


Makan Es Krim Saat Bad Mood Dijamin Bisa Bikin Good Mood

Nah makanan selanjutnya yang bisa membantu memperbaiki mood adalah es krim. Pasalnya es krim mengandung kalori yang dipercaya dapat menciptakan perasaan bahagia.

Selain itu, es krim juga mengandung banyak asam amino triptofan yang bisa menenangkan otak dan mengurangi stres. Karena itu, saat makan es krim kamu akan merasa bahagia dan mood-mu juga akan membaik.

3. Pisang, Buah yang Ampuh Untuk Memperbaiki Suasana Hatimu


Pisang, Buah yang Ampuh Untuk Memperbaiki Suasana Hatimu

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat. Buah yang kaya akan potassium ini tidak hanya baik untuk menambah energi, tapi juga dapat memperbaiki suasana hati.

Kenapa demikian? Karena pisang mengandung zat triptofan dan asam amino esensial yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Nah, hormon ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati kamu, jadi bisa bikin bad mood jadi good mood.

4. Konsumsi Kacang Almond Ampuh Bikin Mood Balik Lagi dan Hilangkan Stres


Konsumsi Kacang Almond Ampuh Bikin Mood Balik Lagi dan Hilangkan Stres

Kacang almond dikenal sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat diet. Tapi mungkin belum banyak yang tahu jika jenis kacang satu ini ternyata juga bisa memperbaiki mood loh.

Pasalnya, kacang almond kaya akan vitamin E yang berguna untuk mengurangi stres atau depresi. Bahkan sebuah penelitian mengatakan jika mengkonsumsi kacang almond sebanyak 30 gram dalam sehari bisa membuat pikiran jadi lebih tenang.

5. Makan-Makanan Pedas Saat Marah atau Stres, Bisa Bikin Mood Balik Lagi


Makan-Makanan Pedas Saat Marah atau Stres, Bisa Bikin Mood Balik Lagi

Ketika kamu dilanda stres atau marah karena sesuatu hal, ada baiknya untuk makan-makanan yang pedas. Makan saja bakso, mie atau makanan lainnya dengan tambahan sambal atau cabai yang banyak.

Hal ini disebabkan karena makanan pedas rupanya juga ampuh untuk meningkatkan mood seseorang. Sebab makanan yang diberi tambahan cabai dapat meningkatkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, sehingga bisa membuatmu lebih bahagia.

6. Makan Alpukat Ternyata Bisa Membuatmu Lebih Bahagia, Kok Bisa?


Makan Alpukat Ternyata Bisa Membuatmu Lebih Bahagia, Kok Bisa?

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan tubuh manusia maupun untuk kecantikan. Dan ternyata alpukat juga dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa mengembalikan mood loh.

Pasalnya alpukat diperkaya dengan kandungan vitamin B yang baik untuk mengatasi kelelahan serta membantu tubuh untuk lebih rileks karena dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, lemak yang terkandung di dalamnya juga bisa mengurangi stres dan membuat orang yang memakannya lebih bahagia. Hal ini disebabkan karena asam folat yang ada di dalamnya bisa meningkatkan energi dan metabolisme di dalam tubuh. Karena itu, setelah makan alpukat, mood dan semangat kamu pasti akan meningkat.

7. Minum Teh Hijau Saat Stres Dipercaya Bisa Membuatmu Lebih Bahagia


Minum Teh Hijau Saat Stres Dipercaya Bisa Membuatmu Lebih Bahagia

Teh hijau rupanya juga ampuh untuk memperbaiki mood loh. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung zat theanine yang dapat meningkatkan produksi hormon dopamine dan serotonin.

Hormon ini sendiri konon dapat mengurangi stres dan membuatmu lebih bahagia. Karena itu tidak heran jika orang-orang Jepang sangat suka mengkonsumsi teh hijau. Karena minuman ini pas banget untuk dikonsumsi setelah melakukan aktivitas yang padat dan melelahkan.

8. Ikan Salmon, Makanan Sehat yang Berkhasiat Untuk Mengatur Mood Jadi Lebih Baik


Ikan Salmon, Makanan Sehat yang Berkhasiat Untuk Mengatur Mood Jadi Lebih Baik

Makanan selanjutnya yang bisa membuat mood kembali membaik adalah ikan salmon. Ikan salmon sendiri dikenal sebagai makanan yang bagus untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi karena kandungan Omega-3 yang ada di dalamnya.

Selain itu, kandungan Omega-3 tersebut rupanya juga berguna untuk memenuhi kebutuhan lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak tak jenuh ini dipercaya dapat memperkuat sel-sel tubuh yang memproduksi hormon peningkat suasana hati, seperti hormon endorfin.

9. Buah-Buahan Beri Bisa Membuat Orang yang Mengkonsumsinya Jadi Senang Loh


Buah-Buahan Beri Bisa Membuat Orang yang Mengkonsumsinya Jadi Senang Loh

Buah-buahan beri dikenal sebagai buah mungil yang memiliki banyak jenis, seperti stroberi, blueberry hingga raspberry. Meski mungil, buah-buahan ini dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

Hal ini disebabkan karena buah-buahan beri mengandung anthocyanidins yang bisa menurunkan tingkat depresi di dalam tubuh. Karena itu, kamu akan merasa lebih bahagia dan tenang setelah makan buah-buahan beri, sehingga cocok banget disantap saat pikiran kita sedang kalut.

10. Makan Permen Karet Ampuh Kurangi Perasaan Cemas Loh


Makan Permen Karet Ampuh Kurangi Perasaan Cemas Loh

Makanan berikutnya yang ampuh untuk meningkatkan mood adalah permen karet. Terutama untuk kalian yang sering merasa cemas atau deg-degan. Kunyah saja permen karet secara rutin setiap hari selama dua minggu. Hal ini disebabkan karena proses mengunyah bisa menstimulasi aliran darah dan air liur. Secara otomatis, proses ini akan menurunkan kadar kortisol atau hormon stres.

Demikian 10 makanan yang ampuh untuk memperbaiki mood kamu. Untuk kalian yang ingin tahu berbagai jenis makanan yang tidak bisa kedaluwarsa, simak artikelnya di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini jika ingin mencari rekomendasi kafe perpustakaan di Indonesia.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel