Ada 'Bohemian Rhapsody', Deretan Film Biopik Terbaik Ini Dijamin Bakal Beri Banyak Pelajaran Hidup
Twentieth Century Fox
Film

Diangkat dari kisah nyata, film biopik bisa membuat penonton belajar sejarah dan dapat memetik banyak pelajaran hidup dari orang-orang hebat yang kisahnya difilmkan.

WowKeren - Kisah hidup sejumlah selebriti papan atas maupun tokoh populer di dunia memang kerap kali diangkat sebagai tema dari sebuah film. Kendati penggemarnya tak sebanyak film-film superhero maupun sci-fi, namun film biopik bisa dibilang masih menjadi salah satu primadona di bioskop.

Film biopik diangkat dari kisah nyata yang berbalut sentuhan dramatis dan selalu mampu memberikan inspirasi bagi penikmatnya. Dengan demikian, penonton bisa belajar sejarah dan dapat memetik banyak pelajaran hidup dari orang-orang hebat yang kisahnya diangkat menjadi film.

Telah banyak tokoh-tokoh dunia yang kisahnya diangkat ke layar lebar dan sukses besar. Nah, berikut tim wowkeren.com merekomendasikan tujuh film biopik yang kisahnya dijamin bisa memberikan pelajaran hidup para penonton.

(wk/luth)

1. Bohemian Rhapsody


Bohemian Rhapsody
Twentieth Century Fox

"Bohemian Rhapsody" bisa dibilang sebagai salah satu film biopik tersukses sepanjang masa.

Menceritakan tentang band legendaris Queen dan sang frontman fenomenal Freddie Mercury, "Bohemian Rhapsody" melenggang manis sebagai film biopik yang meraih penghargaan terbanyak sepanjang masa. "Bohemian Rhapsody" bahkan mencetak sejarah sebagai film biopik dengan pendapatan tertinggi dan menjadi box office di berbagai belahan dunia selama beberapa pekan berturut-turut.

Selain karena kisah sepak terjang Queen yang menarik, pemeran utamanya yaitu Rami Malek juga mampu merepresentasikan seorang Freddie Mercury dengan sempurna. Freddie yang narsis dan flamboyan ditampilkan dengan sangat baik. Begitu pula hingga Freddie mengakui orientasi seksualnya.

Bahkan akting gemilang Rami Malek diganjar dengan piala aktor terbaik di sejumlah ajang penghargaan bergengsi, termasuk Academy Awards. Untuk kamu para penggemar film biopik, film rilisan tahun 2018 ini wajib masuk dalam daftar tontonanmu dan dijamin enggak akan mengecewakan.

2. Green Book


Green Book
DreamWorks

Dibintangi oleh oleh Viggo Mortensen dan Mahershala Ali, film biopik yang satu ini berpusat pada kisah pianis Afrika-Amerika Don Shirley dan sopir serta pengawalnya yang berdarah Italia-Amerika, Frank Vallelonga, ketika mereka mengadakan tur di Deep South pada tahun 1962. Saat itu isu rasisme masih sangat kental dalam kelas kehidupan masyarakat Amerika Serikat.

Pada waktu itu, orang-orang keturunan Afrika-Amerika disarankan untuk menggunakan sebuah buku bernama "Green Book", yang menunjukkan tempat-tempat aman bagi mereka untuk dikunjungi.

Film ini sukses besar dengan membawa pulang tiga penghargaan bergengsi Piala Oscar, yaitu Film Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik untuk Mahershala Ali dan Skenario Terbaik.

Kendati mengangkat isu rasisme yang cukup kental, namun film ini mampu membuka mata tentang indahnya toleransi antara kulit putih dan kulit hitam.

3. Spotlight


Spotlight
Open Road Films

"Spotlight" dinobatkan sebagai salah satu biopik terbaik yang pernah ada. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Film Terbaik dan Skenario Terbaik dalam ajang Academy Awards yang mereka sabet pad 2016. Selain dibintangi deretan aktor besar seperti Mark Ruffalo, Michael Keaton, hingga Rachel McAdams, jalan cerita "Spotlight" sendiri benar-benar membuat penonton terpikat.

Film ini berkisah sebuah tim bernama Spotlight, dari majalah The Boston Globe, yang melakukan investigasi terhadap kasus pelecehan seksual anak yang sistemik oleh para Pastor Katolik di kota Boston. Saat terungkap, kasus ini begitu menggemparkan Amerika Serikat dan dunia.

Tidak hanya filmnya yang sukses, The Boston Globe pun dianugerahi Pulitzer untuk kategori Public Service pada tahun 2003.

4. Judy


Judy
Pathé

Sesuai judulnya, "Judy" merupakan film biopik tentang salah satu artis paling fenomenal sepanjang masa, Judy Garland.

Film ini dimulai dengan penampilan Judy ketika berusia 14 tahun, saat berperan sebagai Dorothy dalam "The Wizard of Oz". Di usia belia, ia sudah harus menghadapi ragam tekanan, salah satunya dari eksekutif studio yang sering membahas kelemahan fisik Judy.

Di umur yang begitu muda, Judy juga mulai mengonsumsi obat dari salah satu kru studio dengan iming-iming mampu menekan nafsu makan dan membantu dirinya lebih baik. Film kemudian berlanjut ke 30 tahun setelah kejadian tersebut. Judy terlihat begitu buruk karena terlilit utang, tak memiliki rumah, dan harus berjuang mempertahankan hak asuh kedua anaknya.

Hingga pada suatu kesempatan, Judy Garland tiba di London untuk tur konser yang tiketnya sudah terjual habis di Talk of the Town. Ia masih harus berjuang dengan kondisi kesehatan dan rangkaian tur konser yang harus dilakukan.

Film ini secara jelas menggambarkan bagaimana kekelaman di balik gemerlap hidup Judy Garland sebagai salah satu mega bintang dunia. Diperankan oleh Renee Zellweger, "Judy" berhasil membawa sang aktris meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik dalam ajang Academy Awards.

5. The Revenant


The Revenant
Regency Enterprises/Kimberley French

Film ini bisa dibilang menandai masa kejayaan Leonardo DiCaprio. Pasalnya setelah puluhan tahun berkecimpung dalam industri sinema, Leonardo DiCaprio baru berhasil menyabet piala Aktor Terbaik dalam ajang Academy Awards lewat "The Revenant".

Film drama survival ini berdasarkan novel Michael Punke dengan judul yang sama tentang upaya bertahan hidup seorang penjaga perbatasan setelah dirinya diserang oleh beruang dan dibiarkan mati oleh teman-temannya sendiri.

Kisah ini merupakan pengalaman nyata dari lelaki bernama Hugh Glass tentang petualangannya di sekitar Sungai Missouri pada tahun 1823. Selain film dan novel, kisah Hugh Glass lebih dulu diabadikan dalam sebuah puisi pada tahun 1915 dengan judul "The Song of Hugh Glass".

Selain Aktor Terbaik, film ini juga dianugerahi Piala Oscar untuk Sutradara Terbaik dan Sinematografi Terbaik. Tapi perlu dicatat, "The Revenant" memperlihatkan adegan kekerasan secara eksplisit.

6. Hackshaw Ridge


Hackshaw Ridge
Summit Entertainment

"Hacksaw Ridge" dianggap sebagai salah satu film perang terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh si ganteng Andrew Garfield, film ini didasarkan pada film dokumenter tahun 2004, "The Conscientious Objector".

"Hacksaw Ridge" Mengisahkan Tentara Medis Amerika bernama Desmond T. Doss, yang bertugas selama Pertempuran Okinawa. Dalam pertempuran itu, ia menolak untuk membunuh orang, dan menjadi orang pertama dalam sejarah Amerika yang menerima Medal of Honor tanpa menggunakan kekerasan.

Film ini membawa pulang dua Piala Oscar, dan masuk nominasi Film Terbaik dan Aktor Utama Terbaik.

7. Ford vs Ferrari


Ford vs Ferrari
Twentieth Century Fox

Dibintangi oleh aktor papan atas sekaliber Christian Bale dan Matt Damon, sudah tentu "Ford v Ferrari" menjadi salah satu film yang paling diantisipasi.

Selain mempertemukan Bale dan Damon, "Ford vs Ferrari" juga menuai perhatian tersendiri lantaran diangkat dari kisah nyata ahli otomotif yang sangat visioner, Carroll Shelby (Matt Damon) dan pembalap Ken Miles (Christian Bale). Mereka bekerja sama untuk membuat mobil balap baru untuk Ford, yang bisa menjadi saingan yang layak bagi Ferrari pada balapan 24 Hours of Le Mans.

Kisah ini diangkat berdasarkan balapan yang terjadi pada tahun 1966. Saat itu Ferrari merupakan pabrikan terhebat yang selalu menguasai balapan. Film ini begitu inspiratif karena menggambarkan bagaimana ambisi dan mimpi yang tampak mustahil bisa diwujudkan dengan usaha sangat keras.

Film ini sukses meraih dua Piala Oscar sebagai Film Editing dan Sound Mixing Terbaik, serta masuk dalam nominasi Film Terbaik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel